Selasa, 25 Feb 2020
radarbanyuwangi
icon featured
Berita Daerah

YBM PLN Banyuwangi Serahkan Dana Amal Karyawan

21 Januari 2020, 16: 03: 41 WIB | editor : Ali Sodiqin

RUMAH IKAN: Kegiatannya diantaranya menenggelamkan Modul Fish Bank di Pantai Bomo, Menghafal Alquran Semudah Tersenyum, peresmian rumah BLK dan tabligh akbar di pesisir Pantai Badean Blimbingsari.

RUMAH IKAN: Kegiatannya diantaranya menenggelamkan Modul Fish Bank di Pantai Bomo, Menghafal Alquran Semudah Tersenyum, peresmian rumah BLK dan tabligh akbar di pesisir Pantai Badean Blimbingsari. (PLN FOR RABA)

Share this          

JawaPos.com – Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN bekerjasama dengan Sinergi Foudation menggelar sejumlah acara amal secara serentak dari pagi hingga malam pada hari Jumat (17/1). Dalam menyelengarakan berbagai kegiatan amal ini YBM PLN juga mengundang beberapa pihak pemerintahan dan kedinasan. Antara lain Kepala Dinas Perikanan Banyuwangi, Perwakilan Bea Cukai Banyuwangi, Dinas Perhubungan Banyuwangi, Lanal Banyuwangi, Satpol Airud Banyuwangi, Muspika Kecamatan Rogojampi, Muspika Kecamatan Blimbingsari, Camat Banyuwangi, serta PKK Kecamatan Banyuwangi.

Kegiatan dimulai dengan acara Launching Program Cluster Cahaya Berdaya di Pesisir Pantai Desa Bomo Blimbingsari. Launching ini dilaksanakan secara simbolis dengan agenda menenggelamkan Modul Fish Bank, yaitu rumah atau terumbu karang buatan untuk ikan di sekitar Pantai Bomo. Fungsi Fish Bank itu sendiri sebagai media untuk menarik ikan agar digunakan sebagi rumah dan berkembang biak. Sehingga ke depan nelayan tidak perlu melaut terlalu jauh, cukup mencari ikan sekitar kawasan Fish Bank. Di sela-sela acara, YBM PLN juga menggandeng BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia) untuk mengadakan kegiatan sosial berupa layanan kesehatan gratis bagi masyarakat nelayan.

Kegiatan selanjutnya digelar di Masjid Agung Baiturrahman. Bekerjasama dengan Yayasan Askar Kauny, YBM PLN menggelar acara dakwah yaitu Menghafal Alquran Semudah Tersenyum. Acara yang dipandu langsung oleh Ustadz Bobby Heriwibowo Lc ini berlangsung meriah. Peserta terlihat antusias dengan metode menghafal Alquran yang diajarkan. Alya Nurjihan Azizah dan Muhammad Hairuzi adalah peserta yang beruntung mendapatkan hadiah atas prestasi tahfidznya berupa paket umrah total sebesar Rp 50.000.000.

Berpindah ke daerah Karangrejo, Kertosari, Banyuwangi. Acara dilanjutkan dengan peresmian dan dibukanya Rumah Cahaya Berdaya Sanggar Ma’e. Rumah Cahaya Berdaya Sanggar Ma’e ini difungsikan sebagai rumah atau Balai Latihan Kerja (BLK) berupa menjahit, membuat kerupuk, dan sabun untuk cuci piring serta pengelolaan barang recycle menjadi handy craft.

Direktur Utama YBM PLN Ir. H. Helmi Najamudin berharap kehadiran Rumah Cahaya Berdaya Sanggar Ma’e ini manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas dengan aktif memberikan pelatihan-pelatihan dan dakwah yang diselenggarakan oleh Sanggar Ma’e. Sehingga tujuan dari YBM PLN dapat direalisasikan yaitu merubah mustahik menjadi muzakki. Selain bantuan ke Sanggar Ma’e sejumlah Rp 42.180.000,- YBM PLN juga memberikan bantuan berupa kaki palsu kepada penyandang difabel.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan acara tasyakuran dan tabligh akbar di daerah pesisir Pantai Badean Blimbingsari. Serupa dengan kegiatan di Pantai Bomo yaitu bantuan kepada Nelayan Badean berupa Modul Fish Bank dengan total bantuan untuk daerah Bomo dan Badean sejumlah 240 modul senilai Rp 487.944.000.

Ketua Bidang III YBM PLN Herry Hassanudin mengatakan rangkaian acara hari ini menggambarkan bahwa program yang telah dirancang untuk menjalankan 5 pilar program YBM PLN, yaitu pilar pendidikan, ekonomi, sosial, kemanusiaan, dan dakwah. “Dana program ini merupakan dana zakat dan shadaqah dari pegawai muslim PLN,” kata Herry.

(bw/*/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia