Selasa, 25 Feb 2020
radarbanyuwangi
icon featured
Edukasi

Fakultas Hukum Untag Gelar Penyuluhan Hukum di Lapas Banyuwangi

08 Januari 2020, 09: 54: 26 WIB | editor : Ali Sodiqin

PENGABDIAN: Tim FH Untag memberikan penyuluhan hukum di aula Lapas Banyuwangi, Sabtu (4/1).

PENGABDIAN: Tim FH Untag memberikan penyuluhan hukum di aula Lapas Banyuwangi, Sabtu (4/1). (FH Untag for RaBa)

Share this          

JawaPos.com – Tim Penyuluh Hukum, Fakultas Hukum (FH) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Banyuwangi mengawali Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan melakukan Penyuluhan Hukum di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Banyuwangi, Sabtu (4/1).

Tim dari FH yang dipimpin Dekan Rudi Mulyanto SH MKn bersama Wakil Dekan (Wadek) I Yanti Devi Wijaya SH MPd, Wadek II Wahyudi Ikhsan SH MM, Wadek III Wisnu Ardytia SH MH, Kepala Prodi Andien Martia Sari SH MH, serta dua dosen, yakni Etis Cahyaning Putri SH MH dan Marwiyah SH MKn mengusung tema ”Hak-Hak Tersangka, Terdakwa, dan Terpidana”.

Kasi Bimbingan Anak Didik dan Kegiatan Kerja Lapas Kelas II B Banyuwangi Sunaryo SH mengatakan, sosialisasi hukum itu dapat menambah ilmu pengetahuan bagi para warga binaan untuk bekal mereka tentang hak-hak tersangka. ”Terutama bagi mereka yang masih dalam proses,” ujarnya.

Rudi Mulyanto, Dekan FH Untag menambahkan bahwa setiap orang memiliki kedudukan yang sama di dalam hukum. Keberadaan warga binaan di lapas juga memiliki hak secara perdata. ”Penyuluhan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dari Fakultas Hukum Untag Banyuwangi, yang merupakan salah satu wujud dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” katanya.

Wisnu Artytia, Wadek III sekaligus Humas FH Untag merintis ide kerja sama untuk penyuluhan hukum di lapas itu satu kali dalam dua bulan. Hal itu disambut baik oleh Kalapas Ketut Akbar Herry Achjar AMdIP SH MH. Menurut Ketut, kegiatan itu sangat bagus dan dibutuhkan. ”Selama ini kita mengalami keterbatasan, konsultasi kita terbatas, penyuluhan hukum seperti ini jarang, kecuali bentuknya pengarahan yang umum,” tuturnya.

(bw/*/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia