Rabu, 22 Jan 2020
radarbanyuwangi
icon featured
Ekonomi Bisnis
PESTA RAKYAT BRI

Salurkan Kredit Mikro Rp 1,4 T, BRI Terus Dukung UMKM Banyuwangi

15 Desember 2019, 14: 03: 54 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

UNTUK BANYUWANGI: Pimpinan Wilayah BRI Malang Agus Suprihanto melepas peserta jalan sehat Pesta Rakyat Simpedes di kawasan Taman Blambangan kemarin (14/12).

UNTUK BANYUWANGI: Pimpinan Wilayah BRI Malang Agus Suprihanto melepas peserta jalan sehat Pesta Rakyat Simpedes di kawasan Taman Blambangan kemarin (14/12).

Share this          

BANYUWANGI, Jawa Pos Radar Banyuwangi – Diakui atau tidak, sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan industri kecil menengan (IKM) di Banyuwangi berkembang pesat sejak beberapa tahun terakhir. Selain dipicu perkembangan pariwisata yang begitu pesat, kemudahan akses permodalan pun menjadi salah satu faktor penting geliat UMKM dan IKM di Bumi Blambangan tersebut.

          Nah, peran PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam menopang perkembangan UMKM di kabupaten ujung timur Pulau Jawa ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Betapa tidak, khusus di Bumi Blambangan, bank pelat merah tersebut telah mengucurkan kredit di bidang mikro hingga mencapai Rp 1,4 triliun.

          Hal itu diungkapkan Pimpinan Cabang (Pinca) BRI Banyuwangi M Riamid Busroh di sela event Pesta Rakyat Simpedes (PRS) di kawasab Taman Blambangan kemarin (14/12). Dikatakan, BRI telah melakukan peran serta dalam membangun Banyuwangi. Peran serta tersebut salah satunya diwujudkan dengan menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) hingga nyaris mencapai Rp 40 miliar.

          Selain itu, di penghimpunan dana yang berhasil dicatatkan BRI Banyuwangi mencapai Rp 2 triliun. “Sedangkan kredit di bidang mikro sekitar Rp 1,4 triliun. Artinya, BRI dengan kekuatan jaringan terbesar, yakni 30 unit, 2 kantor cabang pembantu (KCP), dan satu kantor kas, sangat membantu perekonomian Banyuwangi,” ujarnya.

          Bahkan bukan hanya memberikan akses permodalan, BRI juga turut menopang perkembangan IKM dan UMKM Banyuwangi dengan cara melakukan pendampingan serta pelatihan. “Kami akan berkoordinasi dengan Pemkab Banyuwangi agar pelatihan dan pendampingan UMKM lebih sering dilakukan,” cetusnya.

          Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Banyuwangii Ipuk Festiandani Azwar Anas mengaku bersyukur BRI cukup intens bertemu dan menampingi UMKM Banyuwangi. “Ini menandakan hubungan yang baik antara UMKM kami dengan BRI. Kami berharap ke depan ada inovasi-inovasi baru dari BRI yang berkaitan dalam mendukung peningkatan kualitas UMKM di Banyuwangi,” kata dia.

          Ipuk menambahkan, selama ini BRI sangat mendukung UMKM Banyuwangi yang bergerak di semua lini. Baik UMKM yang kuliner, batik, hingga pariwisata. “Alhamdulillah karena BRI UMKM di Banyuwangi sudah mulai maju, ini karena BRI telah mendampingi teman-teman kami di UMKM dengan membantu permodalan dan juga pendampingan. Saya berharap kerja sama antara UMKM, Dekranasda, dan BRI terus terjalin,” pungkasnya. (sgt)

(bw/sgt/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia