Rabu, 22 Jan 2020
radarbanyuwangi
icon featured
Edukasi

Desy Education Sukses Gelar Uji Kompetensi PKKU 2019

Dikmas Dorong Peserta Dibekali sesuai DUDI

11 Desember 2019, 15: 03: 53 WIB | editor : Ali Sodiqin

MEETING: Dari kanan, Prof. Zai Wei-Wei, Dra. Nuriyatus Sholeha M.M, Handoyo Saputro, M.Si., M.MPd, Fitria Yolanda , M.E dan Taufik Hidayat, S.Mn., M.M

MEETING: Dari kanan, Prof. Zai Wei-Wei, Dra. Nuriyatus Sholeha M.M, Handoyo Saputro, M.Si., M.MPd, Fitria Yolanda , M.E dan Taufik Hidayat, S.Mn., M.M (WAHYU FIRMANSYAH/JPRB)

Share this          

JawaPos.com - Sebanyak 40 peserta peserta didik mengikuti uji kompetensi berbasis online dibidang perhotelan oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Perhotelan dan Kapal Pesiar Indonesia (PKPI) atas kerjasama program Pendidikan Kecakapan Kerja Unggulan (PKKU) antara Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Desy Education dengan Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Dirjen Paud Dikmas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada Minggu (08/12) di Hotel Santika Banyuwangi.

Kegiatan ini terasa spesial karena dihadiri langsung oleh, Direktur LKP Desy Education Handoyo Saputro, MSi., M.MPd , perwakilan dari Kementerian Pendidikan & Budaya RI, Kepala Seksi Pembelajaran Direktorat Pembinaan Kursus & Pelatihan Fitria Yolanda, ME , Kepala Bidang Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Banyuwangi Dra. Nuriyatus Sholeha M.M, Ketua Bidang Penguji dan Sertifikasi LSK Perhotelan dan Kapal Pesiar Indonesia Taufik Hidayat, S.Mn., M.M dan dihadiri pula Delegasi/Vice Principal dari Jiangsu Food Pharmaceutical Science College yang merupakan universitas ternama dibidang Perhotelan dan Art Culinary di China Prof. Zai Wei-Wei, Wang Bijun dan Jia Shaoqian.

Kepala Bidang Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Banyuwangi Dra. Nuriyatus Sholeha M.M dalam sambutanya mengatakan sangat mengapresiasi pelaksanaan Program PKKU LKP Desy Education ini karena sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan serta selaras dengan program Bupati Abdullah Azwar Anas yang terus mengembangkan potensi pariwisatanya di Kabupaten Banyuwangi. Nuriyatus juga menjelaskan, program PKKU ini bertujuan untuk menambah ilmu agar para peserta dapat mempersiapkan diri untuk bersaing di dunia kerja.

DIUJI: Uji praktek House Keeping juga dilaksanakan langsung di salah satu kamar Hotel Santika Banyuwangi yang diawasi dengan penguji dari LSK PKPI.

DIUJI: Uji praktek House Keeping juga dilaksanakan langsung di salah satu kamar Hotel Santika Banyuwangi yang diawasi dengan penguji dari LSK PKPI. (WAHYU FIRMANSYAH/JPRB)

“Melalui  program  ini,  peserta  didik  dibekali keterampilan sesuai kebutuhan Dunia  Usaha  dan  Dunia  Industri (DU/DI) dan dikembangkan etos kerjanya. Setelah menyelesaikan  program,  peserta  didik  dibantu  dan  dibimbing  oleh  lembaga penyelenggara program untuk mengakses lapangan kerja yang tersedia sampai mereka dapat bekerja pada DUDI,” kata Nuriyatus Sholeha

Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Kemendikbud R.I melalui Kepala Seksi Pembelajaran pada Subdit Kurikulum Fitria Yolanda , M.E mengatakan bahwa Program PKKU ini merupakan bantuan pemerintah melalui Direktorat Pembinaan Kursus & Pelatihan tahun anggaran 2019 karena memang program PKKU yang dilaksanakan LKP Desy Education ini melebihi syarat yang disarankan yakni 200 jam pembelajaran dan sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Kita berharap peserta didik dapat mengikuti uji kompetensi dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, karena nanti jika hasil uji kompetensi dinyatakan kompeten mereka akan mendapat sertifikat yang dapat digunakan baik di dalam maupun luar negeri.” terang Fitria Yolanda.

Ketua Bidang Penguji dan Sertifikasi LSK PKPI, Taufik Hidayat juga mengatakan “Peserta didik dari LKP Desy Education ini terlihat sangat terampil, apalagi sebelum di uji oleh lembaga kami, peserta sudah terlebih dahulu di ujikan langsung oleh Dunia Usaha dan Industri melalui BPC PHRI Banyuwangi. Kami lihat dari segi kecepatan maupun kerapian peserta didik dari Desy Education ini sudah sesuai dengan persyaratan yang kami tetapkan” jelasnya.

Sedangkan Direktur LKP Desy Education, Handoyo Saputro, M.Si., M.MPd mengatakan "Seluruh peserta uji kompetensi merupakan peserta didik Program PKKU 2019 yang telah dilatih 4 kompetensi, yakni Front Office, Food Beverage Service, Food Beverage Product dan House Keeping dibidang perhotelan selama 6 bulan." jelas Handoyo Saputro. 

Sementara itu, The Principal of Jiangsu FPSC China Prof. Zai Wei-Wei mengaku bangga bisa datang ke kota Banyuwangi dan berkesempatan melihat langsung proses uji kompetensi di Lembaga Kursus dan Pelatihan yang ada di Indonesia khususnya di LKP Desy Education.

(bw/rbs/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia