Rabu, 22 Jan 2020
radarbanyuwangi
icon featured
Banyuwangi

KPPN Banyuwangi Serahkan DIPA 2020

05 Desember 2019, 15: 25: 18 WIB | editor : Ali Sodiqin

KESEPAHAMAN: Kepala Kemenag Banyuwangi H Slamet menandatangani Pakta Integritas dengan KPPN, disaksikan Wabup Yusuf Widyatmoko.

KESEPAHAMAN: Kepala Kemenag Banyuwangi H Slamet menandatangani Pakta Integritas dengan KPPN, disaksikan Wabup Yusuf Widyatmoko. (WAHYU FIRMANSYAH/JPRB)

Share this          

JawaPos.com – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Banyuwangi menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) kepada Kementerian dan Lembaga (K/L) tahun anggaran 2020 kepada sejumlah instansi di Aula KPPN Banyuwangi kemarin (4/12).

Kegiatan DIPA tahun 2020 kali ini mengundang 51 satker mitra kerja yang dihadiri oleh para Kepala Kantor atau Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi juga dihadiri Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko.

Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2020 telah resmi disahkan sebagai Undang-Undang (UU) oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, di Gedung DPR RI Jakarta. Setelah disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo pada 16 Agustus 2019 lalu. 

Sebagai tahun pertama Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020–2024, APBN tahun 2020 mempunyai peran yang strategis bagi pemerintah untuk secara bertahap mencapai sasaran pembangunan nasional dalam rangka mewujudkan visi Indonesia Maju pada tahun 2045, tepat 100 tahun Indonesia merdeka. Dengan tekad tersebut, tema dari kebijakan fiskal di tahun 2020 yang diusung adalah APBN untuk Akselerasi Daya Saing melalui Inovasi dan Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia.

Dalam sambutannya, Kepala KPPN Banyuwangi Infron Roshadi mengatakan, pengesahan APBN tahun 2020 ini lebih cepat satu bulan dari jadwal. Sehingga penyerahan DIPA juga dapat diserahkan lebih awal. Hal ini tentu sangat baik karena satuan kerja pengelola dana APBN sudah dapat melaksanakan kegiatan lelang pengadaan barang dan jasa pemerintah jauh sebelum tahun anggaran dimulai.

”Kami juga turut bangga dan menyampaikan apresiasi bahwa Pemkab Banyuwangi telah menyampaikan dan membahas RAPBD tahun 2020. Sehingga kegiatan lelang pengadaan barang dan jasa pemerintah segera dapat dilaksanakan lebih awal,” jelas Infron Roshadi.

DIPA tahun anggaran 2020 yang diserahkan kali ini, sejumlah 47 DIPA dengan total alokasi dana Rp 1,25 Triliun. Rinciannya, alokasi dana untuk satker K/L adalah sebesar Rp 907.42 miliar. Ada penurunan 9.90% dibandingkan tahun 2019 sebesar Rp. 997,28 miliar. Kemudian Alokasi Dana DAK fisik dan Dana Desa sebesar  Rp. 344.77 Miliar. Ada kenaikan 10.46% dibandingkan tahun 2019 sebesar  Rp 312,12 miliar.

Realisasi dana K/L untuk TA 2019 sampai dengan hari ini adalah Rp 881,81 miliar atau 88,73% dari pagu dana yang disediakan. Sehingga masih ada sisa Rp 147 miliar yang belum direalisasikan. Realisasi dana DAK Fisik dan Dana Desa sebesar Rp 279,99 miliar atau 89,71% dari pagu dana yang disediakan. Sehingga masih ada dana sebesar Rp 32 miliar yang belum direalisasikan.

Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko mengatakan, pemanfaatan dana dalam DIPA APBN tahun 2020 menjadi tanggung jawab sepenuhnya satker mitra kerja sebagai pengguna anggaran. ”Saya berharap untuk dimanfaatkan secara maksimal melalui program-program pembangunan yang Saudara rencanakan. Pastikan pelaksanaan kegiatan pemerintahan seperti pengadaan barang jasa, dan lain-lain dapat berjalan sesegera mungkin sejak awal tahun anggaran,” jelas Yusuf.

SINERGI: Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko dan Kepala KPPN Banyuwangi Infron Roshadi, Kejari Banyuwangi, Bea Cukai Banyuwangi, beserta satker mitra kerja bersinergi untuk mewujudkan visi Indonesia Maju.

SINERGI: Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko dan Kepala KPPN Banyuwangi Infron Roshadi, Kejari Banyuwangi, Bea Cukai Banyuwangi, beserta satker mitra kerja bersinergi untuk mewujudkan visi Indonesia Maju. (WAHYU FIRMANSYAH/JPRB)

(bw/rbs/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia