Rabu, 22 Jan 2020
radarbanyuwangi
icon featured
Politik & Pemerintahan

Kunjungan Kerja, Anggota Komisi IX DPR RI Tinjau BLK Banyuwangi

25 November 2019, 19: 03: 41 WIB | editor : Ali Sodiqin

TINJAU: Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh (kiri) bersama anggota Komisi IX DPR RI meninjau tempat praktik pelatihan garmen di BLK Banyuwangi, Jumat (22/11)

TINJAU: Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh (kiri) bersama anggota Komisi IX DPR RI meninjau tempat praktik pelatihan garmen di BLK Banyuwangi, Jumat (22/11) (BAGUS RIO/JPRG)

Share this          

JawaPos.com – Komisi IX DPR RI melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Balai Latihan Kerja (BLK) Banyuwangi yang berlokasi di Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Jumat (22/11). Kunjungan yang dipimpin ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene itu, diikuti seluruh jajaran anggota, Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI Bambang Satrio Lelono, Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Krisna Syarif.

Juga hadir Kadisnakertran Banyuwangi Syaiful Alam Sudrajat, Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Banyuwangi, dan Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Muncar. Kunker Komisi IX DPR RI ini untuk peningkatan kompetensi dan keterampilan kerja melalui pelatihan vokasi di Banyuwangi. “Kita ingin melihat peran BLK Banyuwangi untuk Kabupaten Banyuwangi,” ujar ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene.

Menurut Felly, kunker ini untuk pemantauan terkait peran BLK Banyuwangi. Karena, masyarakat berhak mendapatkan kehidupan yang layak berdasarkan UUD 1945. “Persoalan tenaga kerja banyak dikeluhkan masyarakat, sehingga kita terus melakukan pemantauan,” katanya.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wakfiroh menambahkan, dalam kunker ini ingin BLK yang didirikan Kementerian Ketenagakerjaan ini bisa bekerjasama dengan Pemkab Banyuwangi. Sehingga, dapat mensejahterakan masyarakat Banyuwangi. “Peran BLK sangat penting untuk memberikan pelatihan-pelatihan khusus, dan mencetak tenaga ahli yang dibutuhkan oleh Banyuwangi,” tutur anggota DPR RI kelahiran Dusun Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi itu.

Pariwisata di Banyuwangi yang semakin maju, jelas dia, maka BLK Banyuwangi bisa membuka pelatihan pariwisata. Sehingga, lulusan atau masyarakat dapat diserap oleh Pemkab Banyuwangi. “Hotel dan pariwisata di Banyuwangi ini sudah banyak berkembang, saya ingin ada pelatihan yang bisa dbutuhkan pemkab dan pelaku usaha di Banyuwangi,” ungkapnya.

Dirjen Binalattas Kementerian Ketenagakerjaan RI, Bambang Satrio Lelono menjelaskan, BLK Banyuwangi yang baru dibuka dan diresmikan ini masih terus dilakukan pembenahan. Bahkan, akan terus menambah kejuruan yang dibutuhkan Kabupaten Banyuwangi. “Kita sudah bekerjasama dengan Disnakertrans Banyuwangi, dan selalu berkoordinasi untuk tenaga ahli atau pekerja apa saja yang dibutuhkan,” katanya.

Kepala BLK Banyuwangi Rusman menyampaikan setahun ini BLK sudah melatih ratusan masyarakat asli Kabupaten Banyuwangi. Lulusan BLK Banyuwangi ini 34,4 prosen sudah bekerja, 53 prosen wirausaha, dan 47 prosen bekerja di industri. “Di tahun 2019 hanya ada empat jurusan, tetapi untuk tahun 2020 kita menambah dua jurusan lagi, yaitu pariwisata dan las,” paparnya.

Rusman menyebut BLK Banyuwangi sudah bekerjasama dengan Pemkab Banyuwangi, berkoordinasi dengan Disnakertrans Banyuwangi untuk mengetahui kebutuhan pasar di Banyuwangi. “Kita selalu berkoordinasi dengan Pemkab Banyuwangi untuk mengetahui kebutuhan pasar, sehingga bisa membuka pelatihan-pelatihan baru yang memang dibutuhkan di Banyuwangi,” jelasnya.

Pendamping BLK Banyuwangi dari Pemkab Banyuwangi, Suyanto Waspo Tondo Wicaksono mengatakan kerjasama BLK dengan pemkab tidak perlu dikhawatirkan. Karena selama ini selalu berkoordinasi dengan baik. “Kerjasama sudah terjalin dan tidak perlu diragukan lagi, lulusan BLK Banyuwangi bisa dan mampu berdaya saing di dunia kerja,” pungkasnya. (abi)

TERIMA TAMU: Kepala BLK Banyuwangi Rusman (pegang mic) paparan kepada Komisi IX DPR RI saat berkunjung ke kantornya di Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Jumat (22/11).

TERIMA TAMU: Kepala BLK Banyuwangi Rusman (pegang mic) paparan kepada Komisi IX DPR RI saat berkunjung ke kantornya di Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Jumat (22/11). (BAGUS RIO/JPRG)

(bw/rio/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia