Minggu, 17 Nov 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Info Rumah Sakit
RSU Al-Rohmah Jajag

Peringati Hari Kesehatan Nasional ke- 55, Gelar Penyuluhan Kesehatan

06 November 2019, 11: 30: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

CERIA: Tim RSU Al-Rohmah berfoto bersama siswa usai penyuluhan kesehatan di SMAN 1 Gambiran Rabu lalu (30/10).

CERIA: Tim RSU Al-Rohmah berfoto bersama siswa usai penyuluhan kesehatan di SMAN 1 Gambiran Rabu lalu (30/10). (Foto: RSU Al-Rohmah For RaBa)

Share this          

JawaPos.com – Rabu 30 Oktober 2019, tim Poli Klinik RSU Al-Rohmah bersama dokter spesialis mata dr Yoan Ary Wydianti SpM dan dokter gigi drg Ramita Anggraini berkunjung ke SMA Negeri I Gambiran, Rabu lalu (30/10). Tim tersebut berkunjung dalam rangka penyuluhan kesehatan tentang menjaga mata dan merawat gigi yang baik.

Kepala SMAN I Gambiran Dra Addiniyah menyambut dengan baik kunjungan tim RSU Al-Rohmah. Apalagi, tim tersebut memberikan penyuluhan kesehatan seputar mata dan gigi. Sebab, mata merupakan jendela dunia. Sedangkan kebiasaan siswa sekarang ini tidak lepas dari penggunaan gadget setiap hari. ”Tentunya itu dapat mengganggu kesehatan mata. Dengan adanya penyuluhan ini, semoga dapat memberikan ilmu dan tips bagaimana menjaga dan merawat mata serta gigi agar tetap sehat,” ujar Addiniyah.

Tidak hanya dari tim Poli Klinik yang memberikan penyuluhan, Indah Lestari Wahyuningsih Amd Kep sebagai IPCN (tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi) RSU Al-Rohmah juga mempromosikan bagaimana cara menjaga kebersihan tangan. Siswa diajari mencuci tangan yang baik dan benar (hand hygiene). ”Dengan selalu menjaga kebersihan tangan, dapat meminimalkan bakteri atau kuman ke dalam tubuh kita melalui tangan,” ujar Indah Lestari.

Dia menambahkan, siswa harus membiasakan cuci tangan dengan sabun atau hand rub sebelum dan sesudah makan. Juga harus cuci tangan setelah BAB, setelah bermain, setelah batuk/bersin, serta setelah memegang benda kotor.

Sementara itu, Direktur RSU Al-Rohmah Jajag dr Yesi Kurnia DST mengatakan, bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55, pihaknya menggelar acara transfer ilmu tentang Penyuluhan Kesehatan Mata dan Gigi. ”Rumah Sakit Umum Al-Rohmah sangat berterima kasih kepada para pihak yang telah berpartisipasi atas terlaksananya kegiatan ini. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat, khususnya siswa-siswi SMAN I Gambiran dalam hal menjaga kesehatan mata maupun gigi,” ujarnya.

Yesi menambahkan, apabila ada yang mengalami gangguan mata ataupun gigi bisa langsung datang ke Rumah Sakit Umum Al-Rohmah. Pihaknya siap melayani  pasien umum maupun pasien BPJS Kesehatan. Apalagi, rumah sakit ini sudah didukung oleh dokter spesialis.

RSU Al-Rohmah melayani antara lain UGD 24 Jam serta Rawat Inap. Ada juga Poli Anak dengan dr Karel Anggrek SpA yang buka setiap hari kecuali Minggu/hari libur pukul 13.00 sampai pukul 14.00.

Poli Kandungan dengan dr Norman Yusuf SpOG, buka hari Senin, Rabu, dan Jumat pukul 07.00 sampai pukul 08.30. Poli Penyakit Dalam dengan dr Heri Purwanto MBiomed SpB yang buka setiap hari Senin sampai Jumat kecuali Minggu/hari libur pada pukul 15.30–18.00.

Poli Bedah Umum dengan dr Caryl Augustione J. MBiomed SpB buka hari Senin, Rabu, dan Jumat pukul 09.00 sampai pukul 10.00. Poli Bedah Tulang dengan dr Risandi H. Peradipto SpOT buka hari Selasa dan Kamis pukul 07.00 sampai pukul 08.30.

Poli Gigi buka hari Senin sampai Kamis pukul 09.00 sampai pukul 12.00. Poli Umum buka setiap hari kecuali Minggu/hari libur pukul 07.00 sampai 14.00. Ada juga pelayanan penunjang laboratorium yang buka 24 jam dengan dokter penanggung jawab dokter spesialis Patologi Klinik dr Julios SpPK. Fasilitas ini melayani  foto rontgen, farmasi, fisioterapi, dan gizi.

Apabila masyarakat membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan menghubungi (0333) 397267 atau handphone 082141028720 atau langsung kunjungi RSU Al-Rohmah di Jalan Ahmad Yani 37 Jajag, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi.

(bw/rbs/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia