Minggu, 17 Nov 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Info Rumah Sakit
RSU Bhakti Husada Krikilan

Kemenkes RI Pantau Program Green Hospital

06 November 2019, 09: 05: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

SEHAT: Rombongan dari Kemenkes RI saat mengunjungi RSU Bhakti Husada Krikilan, Jumat (1/11).

SEHAT: Rombongan dari Kemenkes RI saat mengunjungi RSU Bhakti Husada Krikilan, Jumat (1/11). (Foto: Rustida For RaBa)

Share this          

JawaPos.com – Saat ini rumah sakit dituntut tidak hanya fokus pada mutu pelayanan kesehatan yang paripurna, tapi juga mampu menempatkan diri pada posisi industri jasa yang ramah lingkungan.

Untuk itu, RSU Bhakti Husada, Krikilan, Kecamatan Glenmore menerapkan konsep rumah sakit ramah lingkungan (Green Hospital). Dalam program ini, semua kegiatan mempertimbangkan prinsip kesehatan lingkungan yang berkelanjutan.

Pada Jumat (1/11), RSU Bhakti Husada mendapat kunjungan dari Dirjen Fasyankes Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan ahli kesehatan lingkungan. Kedatangan mereka itu, untuk melihat secara langsung bukti implementasi Green Hospital.

Rombongan dari Kemenkes RI berjumlah empat orang, yakni dr Rahmat Edi Wahyudi, Dwi Joko H.R, Dr Ir Titien Setiyo Rini, dan Heri Purwanto. Kedatangan mereka bertujuan untuk melakukan penilaian Green Hospital, di antaranya pengelolaan limbah dan B3, efisiensi dan konservasi air, efisiensi energi (listrik dan bahan bakar), makanan sehat dan manajemen ramah lingkungan. ”Apa yang telah dilaksanakan di RSU Bhakti Husada ini sejalan dengan program Pemkab Banyuwangi,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi yang diwakili dr Kurniyanto.

Dalam kunjungannya itu, rombongan dari Kemenkes RI memeriksa dokumen dan melakukan telusur lapangan dengan melihat kolam penampungan air hujan seluas 200 meter persegi, sampai taman penyembuhan atau healing garden di RSU Bhakti Husada.

Kepala RSU Bhakti Husada Krikilan drg Hindun Mardiyana MKes mengatakan, implementasi Green Hospital ini menunjukkan RSU Bhakti Husada berkomitmen menciptakan rumah sakit yang ramah lingkungan dan efisien dalam pemanfaatan energi listrik serta air.

Untuk video blogging (vlog) implementasi Green Hospital RSU Bhakti Husada 2019, dapat diakses di YouTube dengan alamat https://youtu.be/qNleghhsiOA dengan judul ”Implementasi Green Hospital di RSU Bhakti Husada Tahun 2019”. Untuk lebih jelas mengenai pelaksanaan implementasi Green Hospital RSU Bhakti Husada Krikilan tahun 2019, silakan akses link YouTube-nya, serta jangan lupa like dan subscribe. (abi)

(bw/*/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia