Selasa, 10 Dec 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Banyuwangi

PLN Upayakan Listrik Segera Menyala di Kawasan Ijen

23 Oktober 2019, 19: 30: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

LISTRIK IKUT PADAM: Petugas PLN membenahi jaringan listrik di Paltuding gara-gara kabel listrik tertimpa pohon setelah disapu angin kencang, kemarin.

LISTRIK IKUT PADAM: Petugas PLN membenahi jaringan listrik di Paltuding gara-gara kabel listrik tertimpa pohon setelah disapu angin kencang, kemarin. (Ramada Kusuma/RaBa)

Share this          

JawaPos.com - Sebanyak 21 pelanggan PLN di sekitar Paltuding hingga kemarin belum bisa menikmati layanan listrik. Kebakaran dan angin kencang di sekitar Paltuding dan Gunung Ranti berdampak kepada jaringan listrik yang membuat lumpuhnya layanan PLN.

Manajer Bagian Jaringan PLN UP3 Banyuwangi Erwin Budi Prasetyo mengatakan, ada dua titik jaringan tenaga rendah (JTR) yang terkena dampak dari kebakaran dan angin kencang di sekitar Paltuding, Kawah Ijen. Termasuk kabel-kabel yang ikut terkena api di sekitar warung rest area Gunung Ranti. Kondisi ini mengakibatkan suplai listrik di kawasan tersebut terhenti.

Sebenarnya, PLN sempat mengupayakan agar pada Minggu (20/10), listrik sudah bisa mengalir. Namun, masih ada kendala robohnya pohon pinus di belakang travo listrik di dekat Paltuding. Otomatis listrik tidak bisa dialirkan karena petugas masih harus melakukan pembenahan. Termasuk memotongi pohon pinus di dekat kabel listrik.

Pohon-pohon tersebut rawan roboh dan kembali menimpa jaringan listrik. ”Memang kita targetkan kemarin menyala, tapi ada kendala lagi jadi harus kita perbaiki. Kita upayakan secepatnya,” kata Erwin.

Manajer PLN UP3 Banyuwangi Krisantus menambahkan, satu-satunya harapan listrik di wilayah Paltuding dan Gunung Ranti berasal dari layanan Banyuwangi. Sebab, jaringan dari Bondowoso sudah benar-benar terputus. Tiang listrik di jalur Bondowoso tertimpa pohon tumbang dan patah.

Terkait kerugian, Krisantus belum menghitung secara rinci. Namun, angkanya berada di kisaran puluhan juta rupiah. ”Listrik sementara masih menyala sampai Gantasan. Nanti kalau sudah lancar, kita akan alirkan ke sini. JTR yang di dekat Paltuding sudah tidak bisa dipakai karena terbakar,” tegasnya.

(bw/fre/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia