Selasa, 10 Dec 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Ekonomi Bisnis

Penumpang Sepi, Rute Banyuwangi - Denpasar Terancam Tutup

15 Oktober 2019, 13: 30: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

LANDING: Pesawat Citilink menurunkan penumpang di Bandara Internasional Banyuwangi, kemarin.  Untuk rute BWX-Denpasar dikabarkan akan segera  tutup.

LANDING: Pesawat Citilink menurunkan penumpang di Bandara Internasional Banyuwangi, kemarin. Untuk rute BWX-Denpasar dikabarkan akan segera tutup. (Shulhan Hadi/RaBa)

Share this          

JawaPos.com - Penerbangan dari Banyuwangi  menuju Denpasar Pergi Pulang (PP) tampaknya akan segera berakhir. Berdasarkan pencarian pada platform penyedia tiket online, pemesanan tiket penerbangan untuk rute tersebut terakhir terlayani Senin hari ini (14/10).

Selanjutnya, penerbangan tujuan Denpasar tak lagi menggunakan dirrect flight, tetapi dengan beberapa pesawat dan transit di sejumlah bandara terlebih dahulu. District Sales Manager Citilink Banyuwangi, Dadang Teguh Setiawan, membenarkan adanya rumor tersebut.

Dikatakan Dadang, berdasarkan informasi dari pihak direksi, rencana penutupan akan dilakukan pada Kamis (17/10). Terkait pemicu kebijakan, kata Dadang, tidak lain karena faktor isian penumpang yang dianggap masih kurang. “Kalau ramai ya tidak tutup,’’ terangnya.

Sejak dibuka kembali pada Jumat  (9/8), respon masyarakat terhadap pembukaan rute Banyuwangi (BWX)-Denpasar (PP) sebenarnya cukup bagus. Namun, setelah terbang lebih dari dua bulan, tampaknya target penumpang masih belum tercukupi. Menurut Dadang, untuk stabilisasi rute, semua pihak yang berkepentingan bisa melakukan evaluasi.  “Penumpang di kisaran 5.000-an,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi Ali Ruchi masih belum sependapat terkait rumor tersebut. Dia akan terus melakukan koordinasi dengan pihak maskapai agar tetap melanjutkan rute Banyuwangi-Denpasar. “Senin (hari ini) kami akan rapat dengan Citilink,” tegasnya.

Rute ini selama ini sangat membawa dampak signifikan untuk pariwisata di kedua daerah. Ali berharap harus ada solusi agar Citilink tetap membuka penerbangan langsung tujuan Pulau Dewata. “Ya harus on terus to,” cetusnya.

Rute lintas pulau ini memang sempat naik turun. Untuk pertama kalinya rute ini dibuka oleh maskapai Garuda menggunakan armada ATR pada awal 2014 silam. Selanjutnya rute ini ditutup pada  November 2015. Setelah tidak ada penerbangan  selama empat tahun, giliran maskapai Citilink menghidupkan kembali rute tersebut pada Agustus 2019 lalu. Sayangnya, belum genap setahun flight,  kabar penutupan rute ini kembali muncul.

(bw/sli/aif/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia