Selasa, 10 Dec 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Kesehatan

Kegawatan Urologi: Tepat Penanganan Cegah Morbiditas

25 September 2019, 13: 30: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

ILMIAH: dr Rameshdo Yuanda SpU menyampaikan review ilmiah kegawatan urologi di Auditorium RS Al Huda.

ILMIAH: dr Rameshdo Yuanda SpU menyampaikan review ilmiah kegawatan urologi di Auditorium RS Al Huda. (RSAH FOR RABA)

Share this          

JawaPos.com – Urology emergency atau kedaruratan urologi merupakan kedaruratan yang relatif jarang terjadi. Tetapi, penanganan yang cepat dan tepat pada kasus tersebut sangat dibutuhkan untuk mencegah morbiditas, mortalitas, dan dampak psikososial bagi penderita.

Hal ini disampaikan dr Rameshdo Yuanda SpU dalam refreshing kasus urologi pada Senin 16 dan 23 September 2019 di Auditorium Rumah Sakit Al Huda (RSAH) Genteng, Banyuwangi.

Dokter yang akrab dipanggil dr Edo itu mengatakan, beberapa dampak psikososial bisa dialami oleh penderita akibat keterlambatan dan penanganan yang tidak tepat. Salah satunya adalah inkontinensia urine/kencing tidak lancar, disfungsi ereksi, infertilitas atau mandul. ”Kasus-kasus kedaruratan urologi yang sering ditemui di pelayanan kesehatan ataupun dialami oleh masyarakat adalah kedaruratan akibat trauma dan nontrauma,” jelas Edo.

Salah satu contohnya, kata dia, adalah kencing darah akibat trauma/benturan maupun akibat penyumbatan saluran kencing karena infeksi ataupun batu. Kasus urologi ini banyak dialami kaum laki-laki.

Di tempat terpisah, Manajer Pelayanan Medis RSAH dr Suryadinata menambahkan, review ilmiah ini diinisiasi oleh semangat staf klinis RSAH akan kebutuhan review dan update ilmu. Semua itu untuk memperbaiki mutu pelayanan. ”Kegiatan ini sangat positif, patut rutin diadakan dan dikembangkan untuk seluruh layanan spesialis di lingkungan RS Al Huda yang kita cintai ini”, harapnya.

Kegiatan refreshing ilmiah kali ini diikuti staf medis dan perawat. Kegiatan ini mengambil tema komplikasi akut pada pasien TUR P. ”Tema ini dipilih mengingat banyaknya kasus urologi di masyarakat yang membutuhkan pertolongan medis yang aman dan diberikan oleh tenaga medis berkompeten,” bebernya.

Bagi masyarakat yang mengalami masalah dengan saluran kencingnya, kata dia, bisa konsultasi ke Poli Urologi RS Al Huda.

(bw/rbs/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia