Senin, 14 Oct 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Edukasi

Keren! Poliwangi Membuat 3D Virtual Tour Berbasis Website

20 September 2019, 18: 53: 55 WIB | editor : Ali Sodiqin

FOTO BERSAMA: Tim Pengabdian Masyarakat Poliwangi menginisiasi pembuatan virtual tour berbasis website untuk SMKN 1 Glagah.

FOTO BERSAMA: Tim Pengabdian Masyarakat Poliwangi menginisiasi pembuatan virtual tour berbasis website untuk SMKN 1 Glagah. (POLIWANGI FOR RABA)

Share this          

JawaPos.com –Kabar baik bagi calon peserta didik baru yang ingin mendaftar ke SMKN 1 Glagah. Pasalnya, tim pengabdian masyarakat dari Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) menginisiasi pembuatan virtual tour berbasis website untuk sekolah menengah kejuruan yang berlokasi di Jalan Kuntulan No 1 Glagah, Banyuwangi ini.

Website yang dibuat sejak awal tahun 2019 ini, merupakan web informatif yang memanfaatkan teknologi virtual reality. 3D virtual tour sendiri merupakan sistem web dengan  konten gabungan beberapa foto panorama. Web dengan nama domain jelajah.smkn1glagah.sch.id ini menampilkan kondisi lingkungan sekolah yang dapat dilihat secara 360 derajat horizontal. Sehingga web memungkinkan pengunjung dapat melihat lingkungan SMKN 1 Glagah seperti keadaan sebenarnya.

”Saat ini informasi mengenai SMKN 1 Glagah masih berupa teks, gambar, atau video. Sehingga calon siswa baru atau masyarakat yang ingin mendapat informasi tentang gambaran lingkungan SMKN 1 Glagah melalui daring masih terbatas,” ungkap Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Junaedi Adi Prasetyo SST MSc

3D virtual tour berbasis web dikembangkan oleh tim pengabdian masyarakat Politeknik Negeri Banyuwangi yang beranggotakan dua dosen yakni M. Dimyati Ayatullah ST MKom dan Adetya Prananda Putra SST MM serta dibantu mahasiswa Program Studi D3 Teknik Informatika yakni Tusfendi dan Moch. Misbahur Rifqi.

”Website ini dapat menjadi cara baru untuk dapat mengenalkan lingkungan sekolah, terutama ke calon peserta didik baru,” kata Dimyati Ayatullah selaku Kaprodi Teknik Informatika Poliwangi.

Adetya menambahkan, saat ini jelajah.smkn1glagah.sch.id memiliki 21 titik poin di lingkungan SMKN 1 Glagah. Titik lokasi dimulai dari halaman depan sekolah, hingga beberapa titik lokasi area kelas teori dan bengkel praktikum dari beberapa jurusan di sekolah yang dulu bernama STM Negeri Banyuwangi ini.

”Diharapkan ke depannya akan ada pengembangan web berupa penambahan titik lokasi dan beberapa fitur penting lainnya yang akan mempermudah pengakses dalam menggali informasi lingkungan SMK ini,” ujar Adetya.

Tanggapan baik diungkapkan oleh salah seorang siswa SMKN 1 Glagah yakni Ahmad. Menurutnya, 3D virtual tour sangat bermanfaat layaknya Google Street View dengan kelebihan, yakni dapat masuk kedalam lingkungan sekolah. Bahkan Ahmad menambahkan, dirinya akan sangat senang jika mendapatkan kesempatan untuk dapat mempelajari cara membuat 3D virtual tour seperti yang ada di sekolahnya saat ini.

”Banyak pihak yang memberikan respons positif dengan adanya 3D virtual tour berbasis web ini, beberapa diantaranya adalah tamu dari luar kota yang berkunjung di SMKN 1 Glagah,” ucap Misbahur Surur selaku pihak mitra yang selama ini mendampingi proses pembuatan web sekaligus merupakan Kepala Jurusan Teknik Komputer Jaringan.

Kepala SMKN 1 Glagah Panuri MM mengapresiasi pembuatan 3D virtual tour berbasis web di SMKN 1 Glagah ini. Menurutnya ke depannya jelajah.smkn1glagah.sch.id dapat menjadi media branding yang digunakan oleh tim humas sekolah ketika melaksanakan sosialisasi dan promosi ke sekolah-sekolah.

(bw/rbs/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia