Selasa, 15 Oct 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Duaarrr! Ternyata Gudang Rongsokan Cungking Dilalap Api

20 September 2019, 18: 55: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

TANPA PENGAMAN: Petugas pemadam kebakaran bersama warga bahu-membahu memadamkan api yang melumat gudang rongsokan di Cungking, kemarin.

TANPA PENGAMAN: Petugas pemadam kebakaran bersama warga bahu-membahu memadamkan api yang melumat gudang rongsokan di Cungking, kemarin. (Dedy Jumhardiyanto/RaBa)

Share this          

JawaPos.com – Gudang rongsokan di Lingkungan Cungking, Kelurahan Mojopanggung, Kecamatan Giri ludes terbakar, kemarin. Tidak ada korban jiwa dalam insiden pukul 16.00 itu. Pemilik rongsokan, Sholehan, 54, harus menderita kerugian Rp 10 juta.

Kebakaran tumpukan rongsokan itu bikin panik warga sekitar. Kepulan asap putih membubung tinggi di udara. Suara sirene meraung-raung. Teriakan warga saling bersahutan. Mereka sibuk bergotong-royong memadamkan api.

Petugas pemadam kebakaran dengan sigap terus memegang pipa yang mengalir air. Diarahkan ke titik sumber api yang masih menyala. Kepungan asap putih tak lagi dihiraukan meski tak mengenakan helm dan masker. Mereka cukup bersemangat. Tak kenal lelah. Tak berhenti sebelum api benar-benar padam.

Ika Handayani, 28, putri pemilik gudang rongsokan menuturkan, sore itu dia bersama tiga orang karyawan hendak pulang bekerja. Sebelum pulang, mereka mencuci tangan dan kaki di aliran drainase area gudang. Tiba-tiba terdengar suara mirip ledakan dari arah sebelah selatan yang berbatasan dengan bengkel mobil.

Duuarr! Ika langsung terperanjat. Setelah dilihat, ternyata api mulai membesar. Begitu ada api yang mulai menyala, dia langsung berteriak minta tolong bersama tiga orang karyawan lain yang tengah pulang kerja. ”Saya lihat di bengkel sudah tidak ada orang. Saya berteriak sekeras-kerasnya,” ujar Ika sambil menyeka air mata yang membasahi pipinya.

Mendengar teriakan Ika dan tiga karyawan itu, warga langsung berhamburan keluar rumah. Mereka berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Warga juga mencoba menghubungi petugas pemadam kebakaran.

Hanya hitungan menit, gudang rongsokan langsung dikepung mobil pemadam kebakaran (PMK). Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi juga mengerahkan satu mesin penyedot air untuk membantu memadamkan api. Si jago merah baru berhasil dijinakkan setelah tiga tangki air dari mobil PMK dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya dan Penataan Ruang melakukan penyemprotan.

Kapolsek Giri Iptu Suryono Bhakti mengatakan, dari keterangan saksi di lokasi kejadian, sumber api berasal dari sebelah selatan gudang rongsokan yang berbatasan dengan bengkel las mobil. ”Sementara ini masih belum diketahui pasti apa penyebabnya, kami masih melakukan penyelidikan,” jelas Suryono.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati pada titik-titik gudang yang mudah terbakar. Pasalnya, belum genap sepekan dua peristiwa kebakaran sudah terjadi di Kecamatan Giri. Sabtu lalu (14/9), dua rumah dan belasan motor bekas milik Asmui, warga Dusun Krajan Desa Boyolangu, Kecamatan Giri juga ludes dilalap api.

(bw/ddy/aif/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia