Selasa, 10 Dec 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Kesehatan

Ikuti Lomba Lingkungan, RSAH Genteng Juara Produksi Bersih 2019

03 September 2019, 16: 25: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

JUARA I: Direktur RSAH dr Indiati MMRS menerima piala dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi Husnul Chotimah.

JUARA I: Direktur RSAH dr Indiati MMRS menerima piala dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi Husnul Chotimah. (RSAH FOR RABA)

Share this          

JawaPos.com – Rumah Sakit Al Huda (RSAH) kembali menorehkan prestasi gemilang. Kali ini, RSAH tampil sebagai yang terbaik dalam Gelaran Anugerah Produksi Bersih 2019 yang dihelat Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi.

RSAH menjadi Juara 1 kategori Kinerja Produksi Bersih bagi pelaku usaha dalam penanganan sampah. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banyuwangi kepada Direktur RSAH pekan lalu (26/8).

Pada kesempatan tersebut, Direktur RSAH dr Indiati MMRS menyampaikan, RSAH menjadi yang terbaik di antara 21 pelaku usaha dari berbagai perusahaan dan rumah sakit yang ikut berpartisipasi. Penghargaan di bidang lingkungan kali ini merupakan yang kedua kali diterima oleh RSAH. Sebelumnya, RSAH pernah menjadi juara 1 (satu) dalam Lomba Banyuwangi Ijo Royo-Royo (BIRR) kategori instansi tahun 2009. ”Ini adalah buah dari apa yang sudah menjadi komitmen RSAH,” tuturnya.

 Sejak mendapatkan pengarahan dalam Semiloka Produksi Bersih Tahun 2019 oleh DLH Banyuwangi April 2019 lalu, RSAH segera meluncurkan Gerakan 3R dan Kampanye Hemat Energi. Gerakan 3R meliputi Reduce, Reuse, dan Recycle.

Reduce yaitu beli barang sesuai kebutuhan dan tidak menimbulkan sampah. Reuse yaitu gunakan barang yang bisa di pakai kembali. Recycle yaitu mendaur ulang sampah menjadi produk setengah baru atau benar-benar baru dari segi bentuk maupun fungsi.

Sedangkan Kampanye Hemat Energi mencakup beberapa tindakan. Di antaranya mematikan lampu saat keluar ruangan, mematikan televisi saat tidak digunakan, serta mencetak kertas secara bolak-balik. Termasuk pula mematikan dan mencabut steker perangkat elektronik saat tidak digunakan, menutup kulkas dengan rapat, serta mematikan pendingin ruangan saat ruangan tidak digunakan. Mereka juga mengatur pendingin ruangan pada suhu 25–26 derajat dan menggunakan lampu hemat listrik/LED. Tidak ketinggalan, mematikan keran air saat tidak digunakan. ”Dan hasilnya luar biasa, terjadi penurunan pemakaian listrik maupun air yang cukup signifikan,” ujar Indiati.

Sementara itu, Manajer Fasilitas dan Keselamatan RSAH Budi Hartono menambahkan, sesuai dengan arahan Bupati Banyuwangi, kepedulian terhadap lingkungan khususnya penanganan dan pengelolaan sampah plastik yang saat ini menjadi isu global harus menjadi perhatian semua orang. ”Kita harus menjaga lingkungan hidup secara terus menerus dan berkelanjutan. Agar anak cucu kita kelak bisa juga menikmati alam seperti apa yang kita nikmati sekarang,” jelas Budi.

Dia menambahkan, saat ini seluruh karyawan RSAH diwajibkan menggunakan tumbler untuk tempat minum. Ke depan, kata Budi, akan terus dimotivasi untuk berinovasi dan berkreasi dalam menjaga lingkungan dan pengelolaan sampah. ”Ini semua demi tercipta RSAH menjadi Green Hospital dengan zero waste di tahun 2050, sesuai target Pemkab Banyuwangi,” jelas Budi.

Di tempat terpisah, Asisten Manajer Kesehatan Lingkungan RSAH Vita Suci Priyanti yang menjadi motor penggerak menyatakan, RSAH selalu concern terhadap lingkungan hidup. Pihak RSAH menyediakan ruang terbuka yang dipenuhi taman nan hijau, serta taman vertikal yang menciptakan suasana segar, asri, dan nyaman bagi pengunjung serta pasien di RS Al Huda. ”Kami juga mengelola sampah dan limbah padat yang bisa didaur ulang,” ujarnya.

Vita mengatakan, tanaman hias ditanam di pot yang terbuat dari limbah minuman dan kaleng cat. Beberapa tempat juga didesain sebagai spot swafoto yang menarik bagi pengunjung. Limbah kertas juga didaur ulang menjadi kertas kecil untuk memo. ”Jeriken bekas untuk media tanaman hidroponik dan adanya pengolahan komposting dari sampah organik,” pungkasnya.

(bw/rbs/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia