Selasa, 10 Dec 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Situbondo

Penerima PKH Tahun 2020 Terbanyak Lansia

01 September 2019, 16: 57: 04 WIB | editor : Ali Sodiqin

LANSIA: Pertemuan awal validasi calon penerima bantuan PKH di Desa Sumbertengah, Kecamatan Sumbermalang, Situbondo, belum lama ini.

LANSIA: Pertemuan awal validasi calon penerima bantuan PKH di Desa Sumbertengah, Kecamatan Sumbermalang, Situbondo, belum lama ini. (AGUS ARI FOR JPRS)

Share this          

JawaPos.com – Ribuan warga miskin lanjut usia (lansia) diusulkan menjadi penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk tahun 2020 nanti. Usulan tersebut sudah terverifikasi melalui Basis Data Terpadu (BDT) Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Koordinator PKH Situbondo Agus Ari Cahyadi mengatakan, total ada 3.355 warga miskin yang diajukan jadi penerima PKH baru. Sebagian besar dari mereka merupakan warga miskin lanjut usia (lansia). ”Saat ini petugas sedang melakukan validasi data di lapangan untuk memastikan layak tidaknya calon penerima PKH,” ujarnya.

Agus Ari menerangkan, sebagian warga miskin yang diusulkan itu sebelumnya merupakan penerima program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT). Ada juga yang belum menerima bantuan program pengentasan kemiskinan dari pemerintah. ”Karena itu, mereka diusulkan agar masuk menjadi penerima PKH untuk tahun 2020 mendatang,” jelasnya.

Agus Ari mengaku, para pendamping PKH sedang melakukan validasi data kepada 3.355 warga miskin yang tersebar di 17 kecamatan. Petugas langsung mendatangi rumah calon penerima PKH agar tidak terjadi kesalahan data maupun tidak tepat sasaran. ”Sebab, warga miskin penerima PKH harus memenuhi beberapa komponen. Seperti sedang hamil atau miliki balita, memiliki anak sekolah, serta lansia dan disabilitas,” katanya.

Sementara itu, data dari Dinas Sosial (Dinsos) Situbondo, jumlah warga penerima PKH tahun ini sebanyak 37.531 orang. Dari jumlah tersebut, terbesar di Kecamatan Besuki yaitu 4.676 warga dan Kecamatan Sumbermalang dengan 3.370 penerima.

(bw/bib/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia