Senin, 14 Oct 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Sembako

Sudah Sebulan Ini Kenaikan Harga Cabai di Banyuwangi Tak Terkendali

16 Agustus 2019, 20: 25: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

MEROKET: Salah satu pedagang cabai menjajakan dagangannya di Pasar Genteng II, Kamis (15/8).

MEROKET: Salah satu pedagang cabai menjajakan dagangannya di Pasar Genteng II, Kamis (15/8). (KRIDA HERBAYU/JPRG)

Share this          

JawaPos.com – Genap sebulan harga cabai bertengger Rp 75 ribu per kilogram. Hal itu membuat pembeli dan pemilik usaha kuliner mengeluh. Padahal biasanya, harga cabai itu paling mahal Rp 17 ribu hingga Rp 20 ribu per kilogram.

Salah satu penjual cabai di Pasar Genteng II, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng Umi Khulsum, 45, mengatakan, harga cabai hingga saat ini masih belum normal. Sudah sebulan terakhir harganya di atas Rp 70 ribu per kilogram. ”Selain mahal, stok cabai juga tidak banyak,” ujarnya.

Ia menyebut cuaca memicu harga cabai meningkat. Selain itu, juga minim pasokan. Akibatnya, stok cabai di pasaran tidak terlalu banyak. ”Biasanya stok cabai satu ton, kini dikurangi hanya dua kuintal saja, dan itu membuat harga jadi mahal,” paparnya.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Genteng, harga bumbu dapur yang mahal hanya cabai. Untuk harga bawang merah, tidak mengalami kenaikan dan masih di harga Rp 15 ribu per kilogram. Sedangkan harga bawang putih bertahan pada Rp 27 ribu per kilogram. ”Untuk harga tomat mengalami penurunan drastis. Sebelumnya Rp 3 ribu per kilogram, kini hanya Rp 1 ribu per kilogram,” jelasnya.

Kepala Pasar Genteng II Sudarmanto mengatakan, pasokan cabai saat ini disuplai dari daerah Kecamatan Kalibaru, Sempu, dan Songgon. Pengaruh cuaca berdampak pada produksi panen cabai petani. ”Untuk harga cabai saat ini masih belum dapat diprediksi kapan akan turun. Jika dilihat dari cuaca seperti ini, kemungkinan harga cabai masih tetap bertengger di atas Rp 50 ribu per kilogram,” tandasnya.

(bw/kri/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia