Senin, 19 Aug 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Edukasi

Kampoeng Batara Dipoles Kemampuan Bahasa Inggris

10 Agustus 2019, 13: 03: 32 WIB | editor : Ali Sodiqin

PENGABDIAN: Wulan Wangi memberikan pelatihan bahasa Inggris kepada anggota Kampoeng Batara.

PENGABDIAN: Wulan Wangi memberikan pelatihan bahasa Inggris kepada anggota Kampoeng Batara. (PPM FOR RABA)

Share this          

JawaPos.com – Tim Pengabdian pada Masyarakat (PPM) Universitas PGRI Banyuwangi (UNIBA) menyelesaikan program pelatihan Bahasa Inggris di Kampoeng Batara. Tim yang dipimpin Wulan Wangi mengambil tajuk kegiatan ”Peningkatan Fasilitas Belajar dalam Mengoptimalisasi Pembelajaran English for Young Learners di Kampoeng Batara Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi”. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga bulan sejak bulan Mei hingga bulan Juli 2019 kemarin.

PPM ini didanai oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Menristek-Dikti). Tim PPM terdiri dari Wulan Wangi MPd sebagai ketua pelaksana, Siti Nafisah MPsi Psikolog sebagai anggota pelaksana, dan lima mahasiswa dari Program Studi Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas PGRI Banyuwangi yaitu Hera Dwi Oktaviani, Muhamad Bima Satriawan Putra, Amirah Nadiva, Ainul Yaqin, dan Diki Nugraha.

Kegiatan ini bertujuan mengaplikasikan beberapa macam metode belajar dari English for Young Learners kepada pembelajar usia muda yang berusia 7–14 tahun dengan jumlah kurang lebih 30 anggota.

Lokasi PPM berada di Lingkungan Papring, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Pemilik dan Pengelola Kampoeng Batara Widie Nurmahmudy menyambut baik dan mendukung tim PPM melaksanakan program ini. Kegiatan pelatihan Bahasa Inggris berlangsung pada setiap hari Minggu pagi selama kurang lebih 1,5 jam mulai pukul 09.00 sampai pukul 10.30.

Kegiatan belajar Bahasa Inggris dimulai dengan memberikan materi tentang bahasa Inggris dengan menggunakan indikator yang telah diadopsi dari Cambridge English Young Learners dengan level starters. Tema materi yang diberikan berbeda-beda pada setiap pertemuan. Kemudian tim memberikan proses penguatan pemahaman materi melalui beberapa games yang dilakukan secara berkelompok dan dipandu oleh tim 5 mahasiswa yang berperan sebagai Pembantu Lapangan. ”Untuk mengetahui hasil belajar mereka, tim memberikan evaluasi yang meliputi empat kemampuan berbahasa yaitu Listening, Speaking, Reading, dan Writing pada level starter dalam bentuk lisan maupun tulis di akhir proses belajar,” beber Wulan Wangi.

Para pembelajar muda di Kampoeng Batara sangat antusias untuk belajar bahasa Inggris, terutama ketika mereka mencoba permainan baru yang belum pernah mereka kenal sebelumnya. Tujuan pelatihan ini adalah untuk mengoptimalisasi pembelajaran bahasa Inggris melalui metode belajar sambil bermain dalam English for Young Learners bagi pembelajar muda di Kampoeng Batara.

Pada 28 Juli kemarin, tim telah melaksanakan acara serah terima peralatan di sana. Peralatan belajar dan bahan-bahan untuk perbaikan sanitasi diserahkan secara simbolis oleh Tim PPM kepada Bapak Widie selaku pemilik dan pengelola Kampoeng Batara. Acara tersebut dihadiri oleh Harwanti Noviandari MPsi selaku perwakilan dari LPPM Universitas PGRI Banyuwangi. Tim PPM berharap, peralatan dan bahan tersebut bisa lebih menunjang dan mengoptimalisasi proses belajar Bahasa Inggris para pembelajar muda di Kampoeng Batara.

(bw/rbs/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia