Minggu, 15 Dec 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Events
Banyuwangi Fashion Festival 2019

Tampilkan Busana Tema Mystic of Gandrung

19 Juli 2019, 17: 20: 10 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

Grafis Pemenang BFF 2019

Grafis Pemenang BFF 2019

Share this          

Lenggak-lenggok peraga busana dari berbagai usia mulai anak-anak hingga dewasa, Rabu (18/7) malam menghibur ratusan pasang mata di Gedung Seni Budaya (Gesibu) Taman Blambangan Banyuwangi. Mereka tampil menyajikan busana rancangan 11 desainer fashion daerah pada malam puncak Banyuwangi Fashion Festival (BFF).

------------

Ada sekitar 80 koleksi busana bertema tradisi lokal yang menawan. Sebelas desainer lokal yang tergabung dalam Komunitas Designer Banyuwangi (KDB) menyajikan sejumlah karya pada peragaan busana pada malam itu.

Di antara desainer itu, ada nama Sanet Sabintang, Olis, Isyam Syamsi, Eko P., Amuzaki, Setya, Ridho, dan Rizkyesa. Ada juga Nirmala, Esy, Ocha, dan Almira. Yang menarik dari event ini, para perancang ini sepakat mengangkat rancangan dengan tema pesona seni budaya Banyuwangi.

Malam itu, muncul busana dengan tema Mystic of Gandrung Banyuwangi, Jaripah, Panjer Keling, the Secret of Jaran Goyang, Barong Sunar Udara, hingga Janger Banyuwangi.

Seperti yang disajikan desainer Ridho dari Batik Sisik Melik yang mengangkat tema ”Puter Kayun”, sebuah tradisi napak tilas warga Boyolangu menaiki delman dari Boyolangu menuju Watudodol. Kekhasan budaya itulah yang diangkat Ridho dan diwujudkan dalam delapan busana men’s wear-nya. Dalam desainnya, Ridho banyak menggunakan kain katun dengan jenis ”swade” warna cokelat, yang diidentikkan dengan kuda. Tali-tali yang banyak dimunculkan di busananya diibaratkan tali delman yang mengikat kuda.

”Saya tertarik mengangkat Puter Kayun untuk saya implementasikan di koleksi saya. Kuda yang identik dengan kegagahan, menurut saya cocok untuk koleksi busana pria ini. Sebelumnya, saya juga riset sedikit tentang Puter Kayun itu,” kata Ridho. Selain itu juga ada Almira yang mengangkat tema Kuntulan. Kuntulan yang berakar dari tradisi Islami warga Banyuwangi ini diterjemahkan Almira dalam balutan busana muslim hijab yang anggun, namun menampakkan ketegasan. Koleksinya yang diberi nama ”Evening Gown” ini ditampilkan dengan nuansa putih dan soft purple. (*)

Gesibu Blambangan BFF 2019
Vidi Aldiano BFF 2019
BFF 2019
Kaya Warna BFF 2019
Desainer Masa Depan
DESAINER MASA DEPAN: Ny Minuk Yusuf Widyatmoko me­nyerahkan hadiah pemenang kategori anak.

DESAINER MASA DEPAN: Ny Minuk Yusuf Widyatmoko me­nyerahkan hadiah pemenang kategori anak.

(bw/fre/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia