Jumat, 19 Jul 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Pasokan Daya Listrik ke Bali Bertambah

09 Juli 2019, 08: 25: 59 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

SUPLAI LISTRIK: General Manajer Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali, Suroso, meninjau selesainya pengerjaan rekonfigurasi konduktor di Gardu Induk Banyuwangi, kemarin (8/7).

SUPLAI LISTRIK: General Manajer Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali, Suroso, meninjau selesainya pengerjaan rekonfigurasi konduktor di Gardu Induk Banyuwangi, kemarin (8/7). (RAMADA KUSUMA FOR JAWAPOS.COM)

Share this          

KALIPURO – Kebutuhan suplai listrik dari Jawa ke Bali bertambah. Hal itu seiring dengan selesainya pekerjaan rekonfigurasi konduktor dari double menjadi single konduktor yang dilaksanakan oleh Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali, kemarin (8/7).

Executive Vice President Operasi Regional Jawa Bali dan Nusra Ida Bagus Ari Wardana mengatakan, dengan tuntasnya pekerjaan tersebut, maka optimalisasi transfer energi listrik dari Jawa ke Bali bertambah besar. “Jika semula hanya bisa menyuplai 350 Mega Watt, dengan rekonfigurasi konduktor ini bisa berpotensi mencapai 400 Mega Watt,” ungkapnya.

Rekonfigurasi konduktor ini juga membantu kelebihan daya yang ada di Jawa supaya dapat langsung ditransfer ke Bali melalui jaringan kabel bawah laut. Sehingga, kebutuhan pasokan listrik di Pulau Bali mempunyai cadangan lebih baik. “Penanganan terkait kelistrikan ini dilakukan oleh PLN demi menyediakan listrik yang terbaik bagi masyarakat,” terangnya.

General Manager Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali, Suroso mengatakan tuntasnya pekerjaan rekonfigurasi  konduktor tersebut perlu disyukuri, karena pekerjaan rekonfigurasi jaringan 150 kV dari Banyuwangi ke arah Gilimanuk sangat berisiko.

 “Jika pekerjaan ini gagal, maka berpotensi terjadi padam di Bali. Dan Alhamdulillah bisa dikerjakan dengan baik dan selamat sesuai target waktu yang telah direncanakan,” ujarnya.

Pekerjaan rekonfigurasi konduktor dilaksanakan sejak dua minggu lalu. Rekonfigurasi ini untuk menambah pengiriman energi dari Jawa ke Bali sebesar kurang lebih 50 Mega Watt sehingga kontinuitas pasokan listrik ke pelanggan di Pulau Bali meningkat. “Karena di Bali perlu tambahan pasokan energi, dan energi di Jawa lebih murah karena pembangkitnya PLTU. Sehingga energi murah dari Jawa bisa ditransfer lebih banyak lagi ke Bali,” terang Suroso.

Tasyakuran selesainya rekonfigurasi konduktor itu ditandai dengan santunan yatim piatu dan duafa di kantor PLN Gardu Induk Banyuwangi di Kecamatan Giri. (*)

(bw/ddy/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia