Rabu, 22 May 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Politik & Pemerintahan
Shohib Qomad Dillah

Niat Utama Saya Ingin Tingkatkan Kesejahteraan Petani

11 April 2019, 21: 34: 26 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

Niat Utama Saya Ingin Tingkatkan Kesejahteraan Petani

CALEG DPR RI dari PKS Dapil III Jatim nomor 4 Shohib Qomad Dillah siap memperjuangkan peningkatan perekonomian rakyat Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso. Menurut Shohib, salah satu motivasinya untuk maju dalam kancah politik adalah ingin memajukan kesejahteraan para petani yang nasibnya kerap tak menentu.

Hal itu karena masih terdapat kelemahan program yang disalurkan pemerintah, sehingga hasilnya kurang maksimal. ”Niat saya yang utama adalah ingin meningkatkan kesejahteraan petani melalui program yang nyata dan benar-benar dibutuhkan. Saya berprofesi sebagai petani, ini akan menjadi modal yang penting,” ujar alumnus IPB ini.

Menikmati beras merah

Menikmati beras merah

Di samping itu, dirinya juga mengaku akan berada di posisi terdepan dalam penerapan program pemerintah yang dapat bermanfaat langsung bagi masyarakat. Shohib berkomitmen akan menjalankan tugas dan fungsinya secara penuh bila mendapat amanat untuk duduk di kursi DPR RI.  

Bahkan, dalam menyerap aspirasi warga tidak hanya dilakukan pada waktu tertentu saja, tetapi membuka pintu selebar-lebarnya pada setiap kesempatan. ”Bila masyarakat mempercayai saya untuk membawa aspirasinya, maka saya tidak akan duduk diam. Tetapi berupaya semaksimal mungkin guna memperjuangkannya,” kata petani beras merah organik ini.

Perjuangan Shohib untuk petani tidak sekadar omong kosong. Dia memiliki latar belakang 10 tahun mengelola kemitraan petani padi organik mulai dari merintis, sampai berhasil mengekspor pertama dari Jawa Timur. Shohib sudah mengenyam pendidikan jurusan Teknik Pertanian di Institut Pertanian Bogor.

Dengan bendera Pertanian Organik P4S Sirtanio, dia  telah berhasil membuat lima varian beras organik. Ada beras putih, beras cokelat, beras merah, beras hitam, dan beras germinasi. Setiap varian memiliki keunggulan masing-masing.

Pengalaman organisasi dan berkomunikasi dengan banyak pihak menjadi bekal Shohib menuju parlemen. Shohib pernah menjadi Ketua OSIS SMA ketika bersekolah di Kota Solo. Ketika menjadi mahasiswa, beberapa kali mengisi jabatan penting di organisasi kampus, antara lain Ketua Bidang Sumberdaya Manusia Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas, serta pernah menjabat sebagai Menteri Sosial dan lingkungan BEM Keluarga Mahasiswa IPB.

”Saya berharap, keterwakilan petani harus ada di DPR RI. Agar kebijakan pemerintah bisa berpihak kepada petani dan jangan sampai petani dipersulit dalam mengelola usaha pertaniannya,” kata Ketua Internal Control System (ICS) Pertanian Organik P4S Sirtanio. (*)

(bw/ddy/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia