Minggu, 17 Nov 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Kesehatan

Romelah Dapat Santunan JKM dan JHT dari BPJSTK

28 Maret 2019, 20: 14: 38 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

BERMANFAAT: Romelah menerima santunan dari BPJSTK Banyuwangi.

BERMANFAAT: Romelah menerima santunan dari BPJSTK Banyuwangi. (BPJSTK BANYUWANGI FOR JAWAPOS.COM)

Share this          

BANYUWANGI - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banyuwangi telah memberikan santunan Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT) pada hari Selasa, 12 Maret 2019 di Kantor Desa Lemahbangkulon kepada Romelah, selaku istri dari alm. Bpk Afandi yang dulunya bekerja sebagai perangkat Desa Lemahbangkulon, Singojuruh.

Pimpinan BPJS Ketenagakerjaan Banyuwangi melalui Kepala Bidang Kepesertaan, Erwin Setiawan menyerahkan santunan sebesar Rp. 26.330.290, dan menyampaikan turut berbelasungkawa kepada Romelah, didampingi oleh Kepala Desa Lemahbangkulon, Agin Sunyoto. Romelah menyampaikan rasa terimakasih kepada BPJS Ketenagakerjaan karena telah memberikan santunan yang dapat digunakan untuk menjalani kehidupan selanjutnya.

Kepala Desa Lemahbangkulon mengatakan bahwa banyak manfaat yang diperoleh pada setiap program, salah satu contoh manfaat program JKM yang diperuntukkan bagi ahli waris pekerja peserta BPJS ketenagakerjaan yang meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja, guna membantu meringankan beban keluarga sebesar 24 juta.

BPJS Ketenagakerjaan Banyuwangi memberikan apresiasi kepada Desa Lemahbangkulon yang telah mendaftarkan perangkat desanya ke dalam program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan Tercatat per 31 Desember 2018, terdapat 48 desa yang terdaftar peserta BPJS Ketenagakerjaan dari 189 desa se- Kabupaten Banyuwangi.

Program Jaminan Sosial merupakan hak bagi seluruh pekerja di Indonesia termasuk Perangkat Desa, oleh karena itu diharapkan seluruh Kepala Desa segera mendaftarkan perangkat desa sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan memiliki 4 program jaminan sosial yaitu, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP). Dengan adanya program jaminan sosial ini, tenaga kerja harian lepas (THL) maupun non Aparatur Sipil Negara (ASN) memperoleh hak yang sama seperti pegawai ASN.

BPJS Ketenagakerjaan Banyuwangi selama periode 1 Januari – 31 Desember 2018 telah melakukan pembayaran klaim jaminan sosial kepada peserta. Laporan rekap Pembayaran JHT, JKK, JKM, dan JP sebagai berikut.

                                         JHT                          JKK                    JKM                     JP
Kasus                             5.006                        210                      7                     1.029
Biaya (Rupiah)    42.302.775.574,01    920.234.175    168.000.000    403.871.263,56

(bw/fre/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia