Jumat, 19 Jul 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Politik & Pemerintahan

Kawal Suara, Demokrat Terjunkan 11 Ribu Saksi

25 Maret 2019, 21: 09: 19 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

ALL OUT: Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi Michael Edy Hariyanto usai memberikan pelatihan terhadap saksi TPS untuk daerah Cluring, kemarin.

ALL OUT: Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi Michael Edy Hariyanto usai memberikan pelatihan terhadap saksi TPS untuk daerah Cluring, kemarin. (TOHA FOR JAWAPOS.COM)

Share this          

BANYUWANGI - Partai Demokrat Banyuwangi tengah menyiapkan 11 ribu saksi untuk bisa mengamankan suara dalam Pileg maupun Pilpres 2019 nanti. Hal ini terlihat dari rapat umum yang dikemas dengan pertemuan di Kantor BPOKK, Srono. Perwakilan saksi dari setiap dapil mendapat pembekalan dari Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi Michael Edy Hariyanto.

Menurut Michael, pihaknya sudah membentuk tim saksi yang akan berjaga di semua TPS di Banyuwangi. Mereka ini akan dibekali lebih awal supaya mereka bukan hanya bersaksi di TPS tapi juga memiliki kompetensi yang lebih. Saksi di TPS ini bukan orang luar. Tapi mereka adalah kader. Sehingga harapannya mereka bisa melipatkan suara di TPS.

Pengusaha pupuk ini menjelaskan, pembekalan saksi-saksi ini disiapkan agar pileg dan pilpres benar-benar berjalan langsung, umum, bebas, rahasia, serta jujur dan adil. Sehingga, mampu menghindarkan segala bentuk potensi kecurangan. Saksi yang bertugas di TPS, kata dia, harus memastikan bahwa yang datang mencoblos adalah benar-benar warga yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Selain itu, kata Michael, saksi harus memastikan bahwa penghitungan surat suara dan rekapitulasi suara Partai Demokrat berlangsung dengan baik dan benar. Oleh sebab itu, ribuan saksi ini akan dibekali mulai cara mencatat perolehan suara hingga penghitungan dari tingkat TPS hingga KPU. Para saksi juga diberi bekal cara melaporkan hasil rekapitulasi tingkat TPS hingga KPU untuk memastikan suara agar tidak terjadi kecurangan.

”Setiap TPS ada tiga saksi. Hal ini menyusul target besar yang diinginkan Partai Demokrat menjadi partai pemenang dalam Pileg yang digelar 17 April 2019,” kata Ketua KONI Banyuwangi ini. (*)

(bw/mls/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia