Selasa, 17 Sep 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Edukasi
Sosialisasi Beasiswa Banyuwangi Cerdas

Dispendik Siapkan Dana Rp 3,8 Miliar Untuk 80 Beasiswa

11 Maret 2019, 20: 43: 35 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

SISWA BERPRESTASI: Kepala Dinas Pendidikan Sulihtiyono saat memberikan sambutan pada peserta penerima beasisa Banyuwangi Cerdas di SMAN 1 Genteng pada Sabtu (9/3)

SISWA BERPRESTASI: Kepala Dinas Pendidikan Sulihtiyono saat memberikan sambutan pada peserta penerima beasisa Banyuwangi Cerdas di SMAN 1 Genteng pada Sabtu (9/3) (TOHA FOR JAWAPOS.COM)

Share this          

BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi kembali menggeber program beasiswa Banyuwangi Cerdas. Tahun ini sebanyak 75 sampai 80 slot tersedia bagi siswa miskin berprestasi untuk dapat mengenyam pendidikan tinggi melalui program beasiswa Banyuwangi Cerdas.

--------------------

Melalui program beasiswa Banyuwangi Cerdas, pemkab bakal membiayai pendidikan mereka mulai semester satu hingga semester delapan. Bukan hanya biaya kuliah, para mahasiswa penerima beasiswa tersebut juga akan mendapat uang saku selama menempuh studi jenjang sarjana strata satu (S-1) tersebut.

Sebagai langkah awal, Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi melakukan road show ke 20 SMK, SMA, dan MA di kabupaten ujung timur Pulau Jawa ini Sabtu kemarin (9/3). Langkah itu dilakukan dalam rangka menyosialisasikan tata cara pendaftaran program beasiswa Banyuwangi Cerdas dan bidik misi 2019.

Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, Banyuwangi Cerdas merupakan salah satu upaya pemkab dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). “Dengan peningkatan SDM, kita meningkatkan daya saing warga, sehingga dapat mengatrol kesejahteraan di tengah tantangan yang tidak ringan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi Sulihtoyono turun langsung melakukan sosialisasi program Banyuwangi Cerdas ke SMA/sederajat di Bumi Blambangan. “Intinya, melalui sosialisasi ini siswa diharapkan mengetahui tata cara mendaftar beasiswa Banyuwangi Cerdas dan Bidik Misi 2019. Juga agar anak-anak tahu, beasiswa Banyuwangi Cerdas dan Bidik Misi dibuka terbuka untuk siswa kurang mampu namun berprestasi,” kata dia.

Sulihtiyono menuturkan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi siswa untuk dapat menerima beasiswa tersebut. Persyaratan yang dimaksud antara lain, memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Banyuwangi dan berasal dari keluarga tidak mampu.

Ada empat perguruan tinggi yang bisa diakses penerima program beasiswa Banyuwangi Cerdas. Di antaranya Universitas Jember (Unej), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Universitas Terbuka (UT) Jember, dan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Yang menarik, dalam sosialisasi kali ini, Dispendik juga menghadirkan para penerima Beasiswa Banyuwangi Cerdas yang kini telah lulus menjadi narasumber. Dengan demikian, mereka bisa menyampaikan testimoni sekaligus bisa langsung menjelaskan dan mempraktikkan cara pendaftaran program beasiswa Banyuwangi Cerdas secara online.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Dispendik Nuriyatus Sholeha menambahkan, Banyuwangi Cerdas telah digulirkan sejak 2011 lalu. Khusus tahun ini, pemkab slot yang tersedia sebanyak 75 orang sampai 80 orang.

Dijelaskan, selain mahasiswa baru yang mendapat beasiswa di tahun ini, ada juga ratusan penerima lain angkatan terdahulu yang kini masih mengenyam studi di jenjang pendidikan tinggi. “Sehingga jumlahnya sekitar 300 orang. Anggaran yang dialokasikan khusus untuk program ini sekitar Rp 3,8 miliar,” terangnya.

Selain Banyuwangi Cerdas jalur bidik misi, imbuh Nuriyatus, dalam sosialisasi kali ini pihaknya juga memaparkan beasiswa insidental kepada para siswa SMA/SMK/MA di Banyuwangi. Dia menuturkan beasiswa insidental merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang sudah kuliah namun mengalami kesulitan biaya di tengah menjalani proses studi. Program beaiswa insidental ini telah diselenggarakan sejak 2009 silam. “Mereka akan mendapat beasiswa satu kali. Setiap tahun ada 90 sampai 100 mahasiswa yang mendapat beasiswa insidental dengan total anggaran yang dialokasikan sekitar 650 juta,” pungkasnya. (*)

INVESTASI PENDIDIKAN: Peserta Beasiswa Banyuwangi Cerdas dan Bidik Misi 2019 berfoto bersama.

INVESTASI PENDIDIKAN: Peserta Beasiswa Banyuwangi Cerdas dan Bidik Misi 2019 berfoto bersama.

MENUAI HASIL: Kabid Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Nuriyatus Sholeha di MAN Pesanggaran atau MAN 4 Banyuwangi bersama peserta bidik misi sekaligus peserta bidik misi yang menjadi juara Tahfid ASEAN (dua dari kiri).

MENUAI HASIL: Kabid Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Nuriyatus Sholeha di MAN Pesanggaran atau MAN 4 Banyuwangi bersama peserta bidik misi sekaligus peserta bidik misi yang menjadi juara Tahfid ASEAN (dua dari kiri).

UNTUK BWI: Melalui program beasiswa Banyuwangi Cerdas ini, Pemkab memberikan kesempatan kepada siswa-siswi lulusan SMA/SMK/MA untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri.

UNTUK BWI: Melalui program beasiswa Banyuwangi Cerdas ini, Pemkab memberikan kesempatan kepada siswa-siswi lulusan SMA/SMK/MA untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri.

(bw/sgt/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia