Senin, 23 Sep 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Politik & Pemerintahan
Kinerjanya Dapat Apresiasi Bakesbangpol Jatim

PPWK Jaga Integritas Kehidupan Berbangsa

26 Februari 2019, 20: 40: 08 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

BAKTI SOSIAL: Awal tahun 2019, tim PPWK melaksanakan kegiatan penanaman mangrove di Mangrove Center Desa Bengkak, Wongsorejo.

BAKTI SOSIAL: Awal tahun 2019, tim PPWK melaksanakan kegiatan penanaman mangrove di Mangrove Center Desa Bengkak, Wongsorejo. (PPWK for JAWAPOS.COM)

Share this          

BANYUWANGI - Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Banyuwangi tak pernah sepi dari ragam kegiatan. Sejak bulan Maret 2018 hingga sekarang, tim PPWK telah menggelar banyak kegiatan. Ragam kegiatan tersebut antara lain Pendidikan Wawasan Kebangsaan untuk tenaga pendidikan, ormas dan orpol, generasi muda, tokoh agama, serta tokoh masyarakat. Selain itu juga PWK untuk aparatur desa dan kecamatan.

Apa yang telah dilakukan tim PPWK  merupakan langkah yang strategis dalam menjaga dan memelihara integritas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Komitmen dasarnya adalah empat konsensus kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

GELORAKAN KEBANGSAAN: Tim PPWK mengadakan pertemuan dan pembinaan kepada tokoh umat Katolik se-Banyuwangi.

GELORAKAN KEBANGSAAN: Tim PPWK mengadakan pertemuan dan pembinaan kepada tokoh umat Katolik se-Banyuwangi.

Kegiatan ini juga merupakan upaya nyata untuk mengantisipasi dan menangkal gejala atau potensi yang akan mengarah kepada timbulnya disintegrasi bangsa, serta sikap dan tindakan yang menunjukkan intoleransi terhadap keragaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Bakesbangpol Banyuwangi Drs Wiyono MH terkait program kerja tim PPWK. Menurut Wiyono, kebijakan pembinaan wawasan kebangsaan adalah upaya pemerintah dalam mendukung penciptaan persatuan dan kesatuan bangsa dan ketahanan nasional dengan berdasarkan kepada implementasi nilai-nilai empat konsensus di atas. ”Sehingga terjamin kondisi yang mendukung tercapainya tujuan dan cita-cita nasional bangsa, yaitu merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur,” imbuhnya.

Wiyono menambahkan, PPWK menjadi instrumen penting dalam kebijakan pembinaan wawasan kebangsaan. Hal serupa ditegaskan Miskawi selaku Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Banyuwangi.

Dijelaskan Miskawi, pendidikan wawasan kebangsaan sebagai langkah strategis dalam membina persatuan dan kesatuan dalam keberagaman. Bersatu artinya mengembangkan kembali spirit Bhinneka Tunggal Ika. Keragaman yang terbentang sepanjang garis khatulistiwa tidak boleh menjadi alasan saling membenci, tetapi justru menjadi daya perekat bangsa. ”Masyarakat seharusnya mengapresiasi perbedaan latar belakang, baik suku dan keyakinan,” ujarnya.

Bakesbangpol Jatim telah mengapresiasi kegiatan PWK Banyuwangi. Beberapa waktu lalu, PPWK diundang secara khusus oleh Bakesbangpol Provinsi Jatim. Dari 28 kabupaten/kota di Jatim, PPWK Banyuwangi dinilai paling banyak melakukan kegiatan.

Dalam satu bulan minimal dilaksanakan empat kali kegiatan pembinaan PWK. Setiap kegiatan selalu didukung laporan secara rutin yang dilaporkan kepada pemerintah daerah maupun Bakesbangpol Provinsi.

Semua kegiatan PPWK didasarkan pada program yang dibuat selama satu tahun. Di sisi lain, PPWK memiliki buku panduan yang dibuat oleh tim dan akan segera diterbitkan dan ber-ISBN. 

Awal tahun 2019, PPWK melaksanakan kegiatan penanaman mangrove di Mangrove Center Desa Bengkak, Wongsorejo. Kegiatan ini melibatkan seluruh komponen masyarakat. Antara lain Forum Pemuda Lintas Agama (Formula), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), Pokmas, tokoh masyarakat, dan beberapa mahasiswa.

Kegiatan ini sebagai bentuk implementasi wawasan kebangsaan. ”PPWK akan selalu menjadi garda terdepan untuk menyosialisasikan dan mengajak seluruh komponen masyarakat dari pemerintah dan masyarakat pada umumnya untuk implementasi nilai-nilai empat konsensus Dasar Kebangsaan,” ungkap Miskawi. (*)

(bw/aif/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia