Rabu, 22 May 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Giatkan Patroli Antisipasi Teror Pembakaran Kendaraan

12 Februari 2019, 07: 30: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

ANTISIPASI TEROR: Kasat Sabhara AKP Basori Alwi memberikan arahan kepada anggotanya, Sabtu (9/2).

ANTISIPASI TEROR: Kasat Sabhara AKP Basori Alwi memberikan arahan kepada anggotanya, Sabtu (9/2). (Dedy Jumhardiyanto/RaBa)

BANYUWANGI - Satuan Sabhara Polres Banyuwangi mengintensifkan patroli bersama dalam skala besar saat dini hari di titik-titik rawan. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dengan maraknya aksi pembakaran kendaraan di beberapa wilayah di Jawa Tengah (Jateng).

Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi melalui Kasat Sabhara AKP Basori Alwi mengatakan, patroli kembali digalakkan menyusul aksi teror pembakaran kendaraan yang terjadi di beberapa wilayah di Jateng. Meskipun kegiatan patroli rutin sudah rutin dilaksanakan.

Kegiatan patroli tersebut digalakkan di sejumlah titik meliputi pusat keramaian, pusat perbelanjaan, perbankan, objek vital. Selain itu, patroli juga dilakukan di perkampungan dan rumah penduduk.

Patroli akan dilakukan baik siang maupun malam hari. Terutama waktu mulai pukul 00.00 hingga menjelang subuh. Hal itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi dan deteksi dini, serta penanganan gangguan kamtibmas melalui pengamanan swakarsa.

Patroli ini digelar rutin setiap malam dari tingkat Polres maupun Polsek. Sasaran patroli menyambangi kampung-kampung dan perumahan untuk menjalin komunikasi langsung dengan warga. ”Kami juga sampaikan imbauan dan pesan moral, agar masyarakat juga mulai mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling) di masing-masing tempat,” katanya.

Patroli yang dimulai pukul 00.00 dan berakhir pukul 05.00 itu dengan berkeliling lokasi yang dianggap rawan. Kegiatan ini diharapkan mampu menciptakan rasa aman bagi warga pemilik kendaraan yang diparkir di luar rumah.

Dalam setiap patroli, kata Basori, petugas akan memberikan imbauan kepada warga yang ditemui untuk selalu berhati-hati dan waspada terhadap kendaraan yang diparkir di luar rumah. ”Kami harapkan masyarakat yang memiliki kendaraan juga bisa diparkir di garasi dan ditutup. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Warga juga diminta untuk segera melaporkan kepada aparat keamanan, apabila mendapati potensi gangguan keamanan. ”Kenali ciri-ciri fisik dan catat identitas pelaku seperti nomor kendaraan dan lainnya dan segera laporkan. Jangan sampai main hakim sendiri,” tandasnya.

(bw/ddy/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia