Minggu, 15 Dec 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Situbondo

Tabing Longsor, Jalan Penghubung Dua Desa Lumpuh Total

30 Januari 2019, 06: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

TAK BISA DILAWATI: Tanah di tebing Desa Tambak Ukir jatuh ke badan jalan.

TAK BISA DILAWATI: Tanah di tebing Desa Tambak Ukir jatuh ke badan jalan. (Izzul Muttaqin/RaBa)

Share this          

SITUBONDO- Material longsor yang menutup jalan Desa Tambak Ukir, Kecamatan Kendit akhirnya berhasil dibersihkan, kemarin (28/1). Kendaraan roda dua maupun empat sudah bisa melewati jalur penghubung antara Desa Tambak Ukir dan Rajek Wasi itu.

Camat Kendit, Timbul Suryanto menyampaikan, pembersihan dilakukan sejak pukul 06.00. Pihaknya sengaja memaksimalkan pembersihan agar pengendara bisa segera lewat. “Sebab hari ini (kemarin-red) kan senin. Kebetulan jalur  digunakan warga untuk pergi ke pasar Senenan. Mereka hendak bertransaksi sapi. Makanya, kami memaksimalkan kerja. Sehingga pukul 09.00, jalan sudah bisa dilalui,” ungkapnya.

Menurut Timbul, penyebab jalan tertutup bukan material tanah pada tebing. Melainkan pohon-pohon di atas tebing yang ikut ke jalan akibat longsornya tebing. “Diatas tebing itu memang banyak pohon. Nah, pohon-pohon itulah yang menutup jalan. Kalau material tanahnya hanya menutup sebagian jalan,” ungkapnya.

Timbul juga menerangkan, tebing yang longsor sejatinya tidak terlalu tinggi. “Kalau saya ukur, tingginya hanya sektrar tiga atau empat meteran. Namun karena jalannya memang agak kecil, akhirnya tertutup jalannya,” paparnya.

Kata Timbul, ini merupakan longsor pertama kalinya di lokasi tersebut. “Tentu penyebabnya adalah curah hujan yang tinggi. “Pihak yang terlibat melakukan pembersihan material diantanya, Kecamatan, BPBD, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas. Serta juga perangkat desa Tambak Ukir,” ucapnya.

longsor tejadi di Desa Tambak Ukir, Kecamatan Kendit  Minggu (27/1) lalu. Akibat kejadian tersebut, jalan di lokasi tidak bisa digunakan. Sejumlah warga pun melapor ke BPBD dan pihak kecamatan agar segera ditangani.

(bw/zul/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia