Minggu, 17 Feb 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Edukasi

Program Pascasarjana Universitas Terbuka, Mengapa Tidak?

18 Januari 2019, 16: 49: 18 WIB | editor : Bayu Saksono

Program Pascasarjana Universitas Terbuka, Mengapa Tidak?

PROGRAM Pascasarjana (PPs) merupakan salah satu upaya merealisasikan misi Universitas Terbuka (UT) untuk menyediakan akses pendidikan tinggi bagi warga negara Indonesia pada jenjang Magister (S2).

PPs-UT menawarkan dua jenis layanan, yaitu program Magister Reguler dan Magister Online. Program magister reguler diselenggarakan dalam bentuk terintegrasi antara belajar mandiri, pembelajaran tatap muka, dan pembelajaran online.

Program magister fully online diselenggarakan dalam bentuk terintegrasi antara belajar mandiri dan pembelajaran online. Pada skema fully online, seluruh proses pembelajaran dilakukan secara online, tanpa tutorial tatap muka, kecuali untuk bimbingan intensif penulisan Tugas Akhir Program Magister (TAPM) dan ujian sidang. “Tidak hanya program Magister Reguler yang ditawarkan kepada calon mahasiswa S2,  namun bisa menempuh program Magister fully online,” terang Direktur UT Jember, Mohammad Imam Farisi.

(DEVI FOR RABA)

PPs-UT memiliki 6 program, yaitu Magister Ilmu Administrasi (Publik), Magister Manajemen (Pemasaran, Keuangan, dan SDM), Magister Ilmu Kelautan, Magister Pendidikan Matematika, Magister Ilmu Pendidikan Dasar, dan Magister Pendidikan Bahasa Inggris. “Tak perlu khawatir, keenam program studi S2 UT semuanya telah memperoleh akreditasi dengan nilai B,” tambah Imam.

PPs-UT juga menyelenggarakan Advance Course Program (ACP) ASEAN Studies (Program Internasional berupa mata kuliah mandiri bersertifikat). Program ini dikembangkan atas dasar hasil kerja sama 5 Open University (OU5) di Kawasan ASEAN dan diperuntukkan bagi para ekspatriat dan warga masyarakat yang berminat dengan kajian tentang ASEAN yang pada pelaksanaannya menggunakan bahasa Inggris.

Sejak tahun akademik 2012/2013 (2013.1) hingga saat ini, jumlah mahasiswa program Magister di UT Jember tercatat 240 orang, dan telah meluluskan 71 orang, tiga orang di antara mereka lulus dengan indeks Prestasi 4.00 (Cum Laude). Pada masa registrasi (2018.2) sebanyak 42 orang calon mahasiswa telah terdaftar dan sedang mengikuti Ujian Masuk program Magister yang dilaksanakan di UPBJJ-UT Jember, dan pada masa registrasi (2019.1) sebanyak 14 orang siap mengikuti Ujian Sidang Tugas Akhir Program (TAPM), terdiri dari 8 orang program magister fully online. Dan enam orang program magister regular.

Pendaftaran mahasiswa baru untuk program Pascasarjana periode pertama (2019.1) akan dimulai pada 4-27 Maret 2019. Biaya tes masuk program PPs-UT adalah Rp 500.000. Untuk informasi lebih lanjut, bisa langsung datang ke kantor Universitas Terbuka Jember di Jalan Kaliurang 2A Jember, atau menghubungi nomor WhatsApp 0811319676.

(bw/jpr/rbs/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia