Minggu, 17 Feb 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Kesehatan

Senam Rutin Bisa Tingkatkan Kinerja

15 Januari 2019, 08: 10: 59 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

SEHAT: Karyawan melakukan senam bersama di halaman RS Al Huda, Gambiran, Banyuwangi, Sabtu lalu.

SEHAT: Karyawan melakukan senam bersama di halaman RS Al Huda, Gambiran, Banyuwangi, Sabtu lalu. (RSAH FOR JAWAPOS.COM)

GAMBIRAN – Mengawali tahun 2019, Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) Rumah Sakit Al Huda (RSAH) terus berupaya menjaga kebugaran para karyawan RSAH. Karena tugas komite ini menjaga dan me-refresh kesehatan jasmani dan rohani setiap pekerja di RSAH. Caranya, dengan menggelar senam kesehatan yang dilaksanakan pada Sabtu lalu (12/1).

Sekretaris P2K3 RSAH Budi Hartono mengatakan, dengan jumlah karyawan cukup besar dan rutinitas kerja monoton, diperlukan suatu aktivitas yang berbeda. Dengan begitu, akan tercipta suasana yang hangat dan bisa mempererat hubungan sosial sesama karyawan. ”Dengan senam kesehatan yang rutin dilaksanakan seminggu sekali, akan membuat suasana kerja menjadi nyaman. Sehingga, dapat mengurangi kejenuhan dan meningkatkan performa kerja,” ujar Budi.

Dia menambahkan, pelaksanaan senam pagi sangat baik untuk kesehatan paru-paru, karena udara pagi yang masih segar. Senam Kesehatan rutin bisa memperlancar aliran darah ke otak. Hal ini menjadikan karyawan siap dan fokus saat bekerja. Selain itu, senam juga bisa meningkatkan energi dalam tubuh. Sehingga tubuh tidak mudah lelah dan ngantuk. ”Saat berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin dan serotonin pada otak. Ini akan meningkatkan semangat kerja serta mencegah depresi,” imbuhnya.

Program senam kesehatan RSAH terbagi dalam senam aerobik dan senam cegah diabetes. ”Instruktur senam aerobik dan senam diabetes berasal dari karyawan rumah sakit yang sudah berpengalaman,” jelas lelaki yang mengantongi sertifikat ahli K3 Umum ini.

Sementara itu, Direktur RSAH dr Indiati MMRS mengatakan, kegiatan senam wajib diikuti seluruh karyawan. Diharapkan, dengan melaksanakan senam rutin, kebugaran jasmani dan rohani karyawan selalu terjaga. Selain itu, kata dia, akan terjalin silaturahmi yang semakin kuat dan meningkatkan situasi lingkungan kerja yang kondusif. ”Dengan begitu, karyawan akan merasa nyaman, bahagia, dan selalu siap serta fokus dalam melaksanakan tugasnya memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat,” pungkas Indi. (*)

(bw/mls/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia