Minggu, 17 Feb 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Edukasi
SMA Muhammadiyah 2 Genteng

Resmikan RKB dan Pembinaan Guru Muhammadiyah

14 Januari 2019, 09: 15: 59 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

POTONG PITA: H.R. Alpha Amirrachman (dua dari kiri) meresmikan RKB dengan memotong pita didampingi kepala SMA Muhammadiyah 2 Genteng Masutra (kiri), komite, dan dewan guru, Sabtu (12/1)

POTONG PITA: H.R. Alpha Amirrachman (dua dari kiri) meresmikan RKB dengan memotong pita didampingi kepala SMA Muhammadiyah 2 Genteng Masutra (kiri), komite, dan dewan guru, Sabtu (12/1) (THOMY FOR JAWAPOS.COM)

GENTENG-SMA Muhammadiyah 2 (Muha) Genteng yang berlokasi di Jalan Jember Km 2, Desa Setail, Kecamatan Genteng, meresmikan ruang kelas baru (RKB), Sabtu (12/1). Peresmian yang ditandai pengguntingan pita itu, dilakukan oleh Sekretaris Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang juga staf khusus Mendikbud Bidang Monitoring Implimentasi Kebijakan, HR. Alpha Amirrachman.

Dalam acara yang dirangkai dengan pembinaan guru Muhammadiyah se Kabupaten Banyuwangi, dihadiri ketua PD Muhammadiyah Banyuwangi DR. H. Mukhlis Lahuddin, ketua Dikdasmen Muhammadiyah Banyuwangi, H. Nawachid, komite SMA Muhammadiyah 2 Genteng, dan para kepala SD, SMP, SMA, SMK Muhammadiyah se-Banyuwangi, dan pimpinan cabang Aisyiyah Genteng.

Dalam sambutannya H.R. Alpha Amirrachman, mengaku sangat bangga dengan amal usaha Muhammadiyah di Banyuwangi ini. Strata sekolah Muhammadiyah dibandingkan dengan sekolah swasta lain, masih di atas rata-rata dan bisa menjadi kebanggaan masyarakat Banyuwangi. “Ghirah ini perlu didorong terus, namun tidak lengah dengan pergerakan dari usaha-usaha yang lain, dan dari masyarakat yang lain,” katanya.

Alpha mengingatkan semuanya harus tetap intropeksi diri dengan meningkatkan nilai-nilai ke-Muhammadiyahan, agar identitas Muhammadiyah bisa tetap eksis. “Masyarakat tidak peduli kalau sekolah kita tidak mempunyai identitas (Muhammadiyah), tapi harus beda dengan sekolah negeri,” katanya.

Jika sekolah Muhammadiyah sama dengan sekolah negeri, lanjut dia, maka masyarakat akan memilih sekolah negeri. Tapi bila sekolah Muhammadiyah memiliki nilai lebih, maka masyarakat akan memilih sekolah Muhammadiyah, walaupun harus bayar. “Nilai-nilai ke-Muhammadiyahan bisa kita berikan pada masyarakat, baik itu nilai-nilai Islami dan nilai ke-Muhammadiyahan, harus kita tunjukkan dan kita tawarkan pada masyarakat,” jelasnya.

Ketua Dikdamen Muhammadiyah Banyuwangi H. Nawachid mengatakan kehadiran H.R. Alpha Amirrachman ini juga untuk memberikan pembinaan kepada para guru Muhammadiyah agar lebih mantab dalam mengelola sekolah secara professional. “Ini sebagai suntikan, kita tidak mau sekolah kita di Banyuwangi semakin menurun,” katanya.

Nawachid berharap kedepan sekolah Muhammadiyah semakin segar dengan kinerja meningkat, bagus tata kerjanya, para guru semakin semangat dalam pembelajaran. “Mari semua kita berpikir Muhammadiyah secara global, kalau kecil sekolahnya kita tolong, kita ketuk hatinya, kita angkat sama-sama, jadi bisa maju bersama-sama,” harapnya.

Kepala SMA Muhammadiyah 2 Genteng Masutra mengatakan warga sekolah berupaya semaksimal mungkin untuk menyelenggarakan proses pembelajaran di satu tempat. Selama ini pembelajaran berlangsung di dua tempat, yakni di kampus 1 di Jalan Diponegoro, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, dan kampus 2 di Desa Setail, Kecamatan Genteng. “Kampus 1 ditempati kelas XII, kampus 2 di tempati kelas X dan XI,” cetusnya.

Untuk pembelajaran di tahun 2019 sampai 2020, lanjut dia, masih melaksankan pembelajaran di dua tempat. Karena pengembangan sekolah baru selesai 60 persen. “RKB yang diresmikan ini terdiri dua kelas, dan ini sebagai bukti komitmen sekolah dalam mengelola sumbangan dari pemerintah berupa bangunan fisik RKB di SMA Muhammadiyah 2 Genteng,” katanya.(abi)

DISAMBUT: H.R. Alpha Amirrachman disambut Nawachid setiba di SMA Muhammadiyah 2 Genteng, Sabtu (12/1).

DISAMBUT: H.R. Alpha Amirrachman disambut Nawachid setiba di SMA Muhammadiyah 2 Genteng, Sabtu (12/1).

SIMBOLIS: Ketua Dikdasmen Muhamamdiyah Nawachid (kiri) menyerahkan data bangunan fisik RKB kepada kepala SMA Muhammadiyah 2 Genteng Masutra, Sabtu (12/1).

SIMBOLIS: Ketua Dikdasmen Muhamamdiyah Nawachid (kiri) menyerahkan data bangunan fisik RKB kepada kepala SMA Muhammadiyah 2 Genteng Masutra, Sabtu (12/1).

(bw/mls/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia