Sabtu, 23 Mar 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Genteng

Begal Tembokrejo Keok di Tangan Anggota Resmob, Satu Pelaku Dibedil

10 Januari 2019, 06: 35: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

BERAKSI DI TIGA TKP: Andy Lala alias Andy (kanan) dan Tosari alias To saat diamankan di Mapolres Banyuwangi, Selasa (8/1).

BERAKSI DI TIGA TKP: Andy Lala alias Andy (kanan) dan Tosari alias To saat diamankan di Mapolres Banyuwangi, Selasa (8/1). (Dedy Jumhardiyanto/RaBa)

BANYUWANGI - Anggota Resmob Polres Banyuwangi menangkap komplotan begal yang beraksi di Desa Tembokrejo, Muncar, 13 Desember 2018 lalu.

Karena berusaha melawan, satu dari dua pelaku terpaksa dihadiahi timah panas. Dua pelaku begal yang diamankan adalah Andy Lala alias Andy, 17, dan Tosari alias To, 25. Kedua pelaku tinggal di Dusun Palurejo, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar. 

Aksi kedua pelaku begal ini terkenal sadis. Mereka tak segan-segan melukai setiap korbannya. Aksi keduanya terungkap setelah polisi mendapat informasi begal di tepi jalan raya Dusun Krajan, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar pada Kamis, 13 Desember 2018.

Korban, Rizky Dwi Purnomo, seorang pelajar berusia 18 tahun warga Dusun Krajan, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar.

Malam itu, korban sedang berboncengan dengan salah seorang temannya Galang dengan mengendarai motor Yamaha Mio Soul. Usai membeli gorengan, keduanya melintas di jalan raya Dusun Krajan, Desa Tembokrejo.

Saat itulah dari arah belakang korban mendengar ada suara bunyi klakson secara terus- menerus. Karena dikira salah satu teman yang sedang menyapa, korban akhirnya menghentikan laju kendaraannya ke tepi jalan.

Namun saat berhenti, motor korban justru dihadang oleh motor pelaku di depannya. Saat itu juga, korban juga langsung ditodong celurit oleh kedua pelaku. ”Jadi begitu dihentikan, pelaku Tosari ini mengalungkan celurit ke arah leher Rizky. Sedangkan pelaku Andy Lala menodongkan pisau ke arah Galang,” ungkap Kasatreskrim Polres Banyuwangi AKP Panji Pratistha Wijaya.

Karena ditodong senjata tajam itu, korban tidak bisa melawan dan berbuat apa-apa. Mereka hanya bisa terdiam dan menuruti kemauan pelaku. Saat menodongkan sajam tersebut, pelaku langsung menggeledah dan mengambil satu unit ponsel Xiaomi Redmi 5A warna putih dari kantong celana milik korban Rizky.

Setelah berhasil mendapatkan ponsel, kedua pelaku langsung kabur. Akibat kejadian itu, korban Rizky mengalami luka pada bagian leher dan tangannya. Dari laporan korban itulah, polisi kemudian melakukan penyelidikan. Hasilnya, polisi mendapati informasi jika ponsel milik korban tersebut berada di tangan pelaku Andy Lala.

Anggota Resmob kemudian melakukan penangkapan. Saat akan ditangkap, Andi Lala justru melakukan perlawanan dan berusaha kabur. Polisi terpaksa mengambil langkah tepat dengan menghadiahi timah panas kepada kaki kanan pelaku.

Dari keterangan tersangka Andy Lala, didapati jika dia melakukan aksinya bersama Tosari. Tanpa berlama-lama, Tosari langsung dijemput dan ditangkap di rumahnya yang juga masih tetangga satu kampung dengan Andy Lala.

Keduanya langsung diamankan ke Mapolres Banyuwangi untuk dimintai keterangan. Dari situ terungkap, jika kedua tersangka ternyata sudah melakukan aksi begal tersebut sebanyak tiga kali di tempat kejadian perkara (TKP) berbeda.

Dari hasil penangkapan itu, polisi mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya yakni satu buah ponsel Xiaomi Redmi 5A, satu buah ponsel Oppo A3, satu buah ponsel A37, satu buah ponsel Nokia, satu buah ponsel Vivo 1606 warna gold, satu unit motor Yamaha Mio Soul, satu unit motor Mio GT, satu bilah celurit, dan satu bilah pisau.

Sementara itu, tersangka Andy Lala mengaku sudah tiga kali melakukan aksi kejahatannya tersebut di wilayah Muncar. Hal tersebut terpaksa dia lakukan untuk mendapatkan uang dengan cara instan. ”Uangnya saya gunakan untuk pesat minum-minuman keras bersama teman-teman,” akunya.

Kedua pelaku kini meringkuk di sel rumah tahanan Mapolres Banyuwangi dan akan dijerat dengan pasal 365 KUHP Pencurian dengan Kekerasan dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

(bw/ddy/aif/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia