Rabu, 13 Nov 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Sports

Alamak! Pemkab Banyuwangi Tak Lagi Gelar Festival Surfing

08 Januari 2019, 06: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

EDISI TERAKHIR: Festival Kite Surfing edisi terakhir digelar pada 2017 lalu. Tahun 2018, festival ini absen digelar, dan kemungkinan juga absen lagi di tahun 2019 ini.

EDISI TERAKHIR: Festival Kite Surfing edisi terakhir digelar pada 2017 lalu. Tahun 2018, festival ini absen digelar, dan kemungkinan juga absen lagi di tahun 2019 ini. (Dok.RaBa)

Share this          

BANYUWANGI – Festival selancar atau surfing tampaknya tidak akan menghiasi agenda Banyuwangi kembali pada tahun ini. Rumitnya sistem pelaksanaan lomba dan tingginya biaya penyelenggaraan dianggap menjadi salah satu faktor tidak diselenggarakannya kembali festival surfing.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi, Wawan Yadmadi melalui Kabid Olahraga, Alfin Kurniawan mengatakan, Banyuwangi sebenarnya memperoleh banyak tawaran untuk menggelar festival surfing. Baik berskala nasional maupun internasional. Terakhir, Kementerian Pariwisata menawarkan penyelenggaraan World Surfing Series Indonesia untuk digelar di Banyuwangi pada akhir 2018 lalu.

Namun, kata Alfin, melihat rincian anggaran dan persiapan lainya, Pemkab Banyuwangi pun mengurungkan untuk menerima tawaran penyelenggaraan tersebut. “Tahun 2018 kita absen, termasuk untuk kite surfing. Ada beberapa faktor. Salah satunya biayanya terlalu besar. Untuk cost pembayaran juri dan perangkat saja bisa mencapai Rp 2 Miliar. Itu belum yang lainnya,” terang Alfin.

Selain itu, imbuhnya, penyelenggaraan even surfing sendiri sangat tergantung kepada cuaca. Jika angin sedang baik, penyelenggaraan even surfing bisa berjalan mulus. Tetapi ketika cuaca tidak mendukung, maka penyelenggaraan harus berhenti total. Itu karena para surfer pun akan enggan untuk bertanding.

“Cuaca juga menjadi kendala. Jadi kita tidak bisa memastikan jadwal. Bisa saja jadwal sudah terencana malah meleset. Atau waktu sudah diatur, juga meleset. Ini tentunya menguras energi dari penyelenggara,” terangnya.

(bw/fre/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia