Rabu, 13 Nov 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Edukasi

Ayo, Latih Kreativitas Anak melalui Seni Melukis

07 Januari 2019, 17: 35: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

SENI RUPA: Anak-anak didampingi orang tuanya mewarnai gambar di Sasono Ngudi Utomo, Sanggar Lukis Klopo Gading, Banyuwangi, Sabtu (5/1).

SENI RUPA: Anak-anak didampingi orang tuanya mewarnai gambar di Sasono Ngudi Utomo, Sanggar Lukis Klopo Gading, Banyuwangi, Sabtu (5/1). (Shulhan Hadi/RaBa)

Share this          

BANYUWANGI – Banyak cara untuk mengisi akhir pekan dengan kegiatan yang produktif. Salah satunya belajar melukis. Sejumlah orang tua di memilih memberikan kegiatan les melukis kepada anak-anaknya di akhir pekan. Seperti yang terlihat di Sanggar Lukis Klopo Gading, Banyuwangi. Sejumlah anak-anak didampingi orang tuanya belajar seni rupa tersebut.

Anak-anak tersebut dipandu oleh seorang pembina seni rupa.  Ipung, 45 seniman yang mendampingi anak-anak itu mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu. Menurutnya, keterampilan seni rupa baik melukis, mewarnai bagi anak-anak cukup penting untuk meningkatkan kreativitas mereka.

Dia menambahkan, sebenarnya pola pikir yang perlu diluruskan belajar melukis sebenarnya tidak harus diartikan agar menjadi pelukis. Anak-anak yang belajar melukis akan terbiasa mandiri dan memiliki imajinasi. Sedangkan penyelesaian tugas akan melatih mereka bertanggung jawab. ”Tidak harus menunggu bakat. Ini untuk kreativitas,” ucapnya.

Untuk anak-anak usia TK, Ipung menjelaskan, mereka hanya dilatih memilih warna kemudian menuangkan ke dalam objek yang disiapkan. Sementara objek gambar tersebut sudah disiapkan. Untuk memunculkan kreativitas, anak TK dikenalkan profesi, dan jenis flora fauna. ”Yang TK mereka hanya  mewarnai,” terangnya.

Sedangkan untuk anak-anak yang lebih besar, mereka sudah diajari membuat pola lukisan. Penggunaan alat lukis seperti cat air juga mulai dibiasakan,” terangnya.

Sementara itu, salah satu orang tua yang mendampingi buah hatinya, Icha, 29 mengungkapkan sejak enam bulan ini dia rutin mendampingi anaknya belajar seni rupa. Dia berharap kegiatan ini bisa melatih dan memunculkan bakat anaknya. ”Setiap Sabtu sore saya ajak anak ke sini,” ucapnya.

(bw/sli/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia