Selasa, 17 Sep 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Genteng

Pakan Ayam di Banyuwangi Tembus Rp 400 Ribu, Peternak Pun Menjerit

28 Desember 2018, 12: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

MENGELUH: Samsul Hadi merasa prihatin dengan melonjaknya harga pakan ayam, Rabu (26/12).

MENGELUH: Samsul Hadi merasa prihatin dengan melonjaknya harga pakan ayam, Rabu (26/12). (KRIDA HERBAYU/JPRG)

Share this          

TEGALSARI-Peternak ayam yang ada di wilayah Banyuwangi Selatan, mengeluhkan kenaikan harga pakan. Menjelang akhir tahun, harga pakan ayam yang terus melonjak ikut mendorong kenaikan biaya produksi.

Salah seorang peternak ayam potong Samsul Hadi, 45, warga Dusun Krajan II, Desa/Kecamatan Tegalsari mengatakan, harga pakan naik dari Rp 345 ribu  per karung menjadi Rp 400 ribu per karung. ”Harga pakan terus melambung, biaya produksi meningkat,” ujarnya.

Peternak merasa dilema saat akan menaikkan harga jual. Selain harga pakan naik, lanjut Samsul, kenaikan tarif listrik juga ikut mengerek biaya produksi. Sebab, peternak menggunakan mesin penghangat untuk menjaga suhu, terutama di malam hari.

Tidak hanya itu, peternak juga dilarang menggunakan antibiotic growth promoter (AGP) sebagai tambahan pakan. Aturan yang mulai diberlakukan pada 1 Januari 2018 lalu, dilatari efek penggunaan AGP yang berpotensi membahayakan kesehatan.

Dengan adanya residu antibiotik dalam tubuh manusia, menyebabkan tumbuhnya kekebalan pada tubuh terhadap obat/antibiotik tertentu. ”Larangan penggunaan AGP telah menghambat pertumbuhan dan membuat ayam rentan terserang penyakit,” ungkapnya.

Naiknya harga pakan ayam dirasakan sejak sebulan lalu. Dan itu berdampak melonjaknya harga daging ayam potong di pasaran. ”Kalau tidak kami naikkan harganya, jelas kami yang merugi,” dalihnya.

Ia memprediksi harga pakan ayam bakal terus melonjak hingga awal tahun 2019. Apalagi saat ini, konsumsi daging ayam selama perayaan Natal dan tahun baru sangat tinggi. ”Harga ayam potong di pasar Rp 36 per kilogram,” imbuhnya.

Samsul berharap pemerintah dapat menekan harga pakan ayam. Jika harga pakan ayam terus meroket, maka akan membuat peternak gulung tikar. ”Harga pakan ternak mengancam peternak,” pungkasnya.(kri/abi)

(bw/kri/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia