Senin, 18 Nov 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Sambut Wisatawan, Nelayan Blimbingsari Berlomba Bikin Perahu Mini

27 Desember 2018, 18: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

REPLIKA: Salah satu perahu buatan Rajuli yang hampir rampung.

REPLIKA: Salah satu perahu buatan Rajuli yang hampir rampung. (Shulhan Hadi/RaBa)

Share this          

BLIMBINGSARI – Ada yang menarik beberapa hari ini di jalur menuju Pantai Blimbingsari. Sejumlah warga tampak sibuk membuat kapal layar ukuran mini. Meski ukurannya jauh dari ukuran asli, namun bentuk dan perbandingan dimensi kapal sangat sesuai.

Rajuli, 42, salah satu warga Blimbingsari mengungkapkan, sejak beberapa hari ini dirinya memang sedang sibuk membuat perahu. Perahu-perahu yang dibuatnya merupakan pesanan warga lain. Rajuli bertindak sebagai buruh yang mengerjakan pembuatan saja. Bahan dan semua kebutuhan disediakan pemesan. ”Ini saya hanya membuat,” terangnya.

Untuk menyelesaikan satu perahu, Rajuli memerlukan waktu selama tiga hari. Dalam kurun waktu itu, dia sudah bisa menyulap bahan dari kayu menjadi bentuk perahu. ”Tiga hari ini tinggal ngecat saja,” ucapnya.

Menurutnya, bahan-bahan yang baik untuk digunakan yakni jenis kayu yang ringan. Di antaranya kayu sengon, randu, dan waru. Rajuli mengungkapkan, perahu ini nantinya digerakkan menggunakan bantuan layar. ”Ini bisa mengapung dan melaju,” jelasnya, seraya menambahkan, perahu itu nantinya dijadikan aduan di lomba perahu yang digelar di Pantai Blimbingsari.

Sementara itu, Kepala Desa/Kecamatan Blimbingsari Muhbiruddin mengungkapkan, pihaknya memang sengaja menggelar lomba perahu ini. Menurutnya, setidaknya 100 perahu akan ambil bagian dalam lomba ini. ”Peserta dari Blimbingsari ada, dari luar desa juga ada,” jelasnya.

Langkah ini dibuat untuk menambah daya tarik wisata Pantai Blimbingsari sehingga bisa meningkatkan jumlah pengunjung. ”Kalau begini kan bisa makin ramai,” ujarnya.

(bw/sli/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia