Jumat, 22 Nov 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Sports

Ajak Disabilitas, Gowes Tour de Java Finis di Banyuwangi

27 Desember 2018, 06: 20: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

SEMANGAT: Rombongan Kapusrehab Kemhan RI saat sampai di garis finish Makodim 0825 Banyuwangi, Minggu (23/12).

SEMANGAT: Rombongan Kapusrehab Kemhan RI saat sampai di garis finish Makodim 0825 Banyuwangi, Minggu (23/12). (Dedy Jumhardiyanto/RaBa)

Share this          

BANYUWANGI - Rombongan dari Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan (Pusrehab Kemhan) RI yang melaksanakan gowes Tour de Java akhirnya sampai di Banyuwangi, Minggu (23/12). Menariknya, dari 50 cyclist tersebut, salah satunya penyandang disabilitas.

Kapusrehab Kemhan RI Brigjen TNI Achmad Dewanto mengatakan, kegiatan gowes Tour de Java etape 5 tersebut digelar dari Surabaya dan finis di Banyuwangi. Acara tersebut diselenggarakan untuk memperingati Hari Disabilitas Nasional yang jatuh pada 3 Desember, sekaligus memperingati Hari Bela Negara 19 Desember.

Kegiatan gowes Tour de Java (dari etape pertama, Red) dimulai dari Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten dan finis di Banyuwangi. ”Melalui gowes ini kita wujudkan semangat bela negara. Agar generasi muda mengingat perjuangan dalam persatuan dan kesatuan bangsa,” ungkapnya.

Selama perjalanan menuju Banyuwangi, terang Dewanto, banyak tantangan yang dihadapi rombongan sekitar 50 peserta yang rata-rata dokter dari TNI. Namun hal itu bisa dilalui dengan tetap semangat hingga finis di halaman parkir Makodim 0825 Banyuwangi. ”Perjalanan ini cukup banyak tanjakan, suhu yang cukup panas. Tapi kita senang dan kita sangat menikmati perjalanan ini,” terang perwira tinggi yang merupakan dokter spesialis penyakit dalam ini.

Dalam etape 5 ini dia sengaja mengajak salah seorang penyandang disabilitas, Murdiono, yang mengalami cacat fisik. Meski hanya memiliki satu kaki kanan, lelaki yang akrab disapa Dion ini justru menjadi peserta yang kali pertama masuk finis dibanding peserta lainnya.

”Dengan gowes bersama ini kami berharap anggota kami yang berasal dari tiga matra ini tetap solid dalam menjalankan tugas,” tandasnya.

(bw/ddy/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia