Selasa, 18 Dec 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Finance
Kanwil DJP Jawa Timur III

Gelar Tax Gathering Pajak untuk Membangun Negeri

01 Desember 2018, 10: 00: 59 WIB | editor : Bayu Saksono

Rudy Gunawan Bastari

Rudy Gunawan Bastari (KRIDA HERBAYU/JPRG)

BANYUWANGI - Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III menggelar Tax Gathering dengan tema satukan hati membangun negeri, Kamis malam  (29/11). Acara yang diadakan di ballroom Hotel Illira Banyuwangi itu, diikuti 100 orang lebih para wajib pajak dari seluruh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama di lingkungan Kanwil Jawa Timur III.
Kepala Kanwil DJP Jawa Timur III, Rudy Gunawan Bastari menyampaikan acara itu untuk mengungkapkan kembali peranan penerimaan dalam negeri dari sektor pajak dalam APBN setiap tahun semakin dominan. DJP sebagai institusi yang diberi tugas menghimpun dana pajak, tidak mungkin bisa melaksanakan tugasnya dengan baik tanpa ada peran aktif, dan kesadaran dari seluruh masyarakat ,terutama yang telah menjadi Wajib Pajak (WP). “Kami ingin lebih dekat lagi dengan para wajib pajak, agar selalu dicintai,” katanya.
Untuk menumbuhkan kesadaran dalam perpajakan, harus ada kesadaran bagi seluruh masyarakat. Para wajib pajak perlu mengetahui sebagian besar fasilitas yang telah diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat, itu dari hasil pajak. “Transparasi itu penting, maka perlu ada acara tax gathering ini,” cetusnya.
Rudy Gunawan Bastari menyebut kegiatan ini gelar untuk menjalin komunikasi dan saling memberikan masukan terhadap tugas dan fungsi di setiap pihak. Dengan harapan, semakin mendekatkan pemerintah (DJP) dengan para wajib pajak itu bertujuan, lebih menyempurnakan pelaksanaan hak dan kewajiban WP di bidang perpajakan. “Yang hadir pada acara ini wajib pajak potensial yang diharapkan dapat lebih meningkatkan peran aktif mereka dalam pemenuhan kewajiban perpajakan,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Kantor Pajak Pratama Banyuwangi Yunus Darmono mengaku edukasi wajib pajak, khususnya di Banyuwangi harus terus dilakukan. Dengan kegiatan itu, pertumbuhan pembayar pajak sekitar 46 persen sejak dua tahun lalu. Dan itu, juga berhubungan perkembangan pembangunan di Banyuwangi. “Dari sektor pariwisata kita tumbuh pesat, yakni sekitar 36,7 persen,” paparnya.
Salah satu wajib pajak, Setyawan Subekti yang juga pengusaha kebun kopi dan tester kopi kelas dunia itu mengaku pengetahuannya akan pajak sangat minim. Dengan adanya acara itu, dapat memberikan pemahaman tentang arti penting dan manfaat pajak. Serta dapat meningkatkan kesadaran para wajib pajak, dan itu bisa berdampak positif pada penerimaan pajak, khususnya di wilayah Kanwil DJP Jawa Timur III. “Jadilah wajib pajak yang baik dan tepat waktu,” katanya.

KOLABORASI: Kepala Kanwil DJP Jawa Timur III Rudy Gunawan Bastari beserta direksi Kantor Pajak Pratama Banyuwangi dan seluruh mitra wajib pajak Banyuwangi di Hotel Illira, Kamis mal

KOLABORASI: Kepala Kanwil DJP Jawa Timur III Rudy Gunawan Bastari beserta direksi Kantor Pajak Pratama Banyuwangi dan seluruh mitra wajib pajak Banyuwangi di Hotel Illira, Kamis mal (KRIDA HERBAYU/JPRG)

(bw/kri/rbs/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia