Rabu, 19 Dec 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Banyuwangi

BPBD Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Pesanggaran

01 Desember 2018, 07: 10: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

TANGGAP DARURAT: Kepala Pelaksana BPBD Fajar Suasana menyerahkan bantuan makanan kepada warga terdampak banjir di Petak 56 Dusun Ringinagung, Desa Pesanggaran

TANGGAP DARURAT: Kepala Pelaksana BPBD Fajar Suasana menyerahkan bantuan makanan kepada warga terdampak banjir di Petak 56 Dusun Ringinagung, Desa Pesanggaran (BPBD For RaBa)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir di wilayah Kecamatan Pesanggaran. Bantuan disalurkan Kepala Pelaksana BPBD Fajar Suasana kepada warga terdampak banjir di Petak 56 Dusun Ringinagung, Desa Pesanggaran, Kecamatan Pesanggaran, Kamis (29/11).

Fajar Suasana mengatakan, bantuan tersebut diberikan kepada 17 kepala keluarga yang rumahnya sempat terisolasi karena banjir. Bantuan diserahkan di salah satu rumah warga setempat. Bantuan yang diberikan berupa kebutuhan dasar berupa sembako, tikar, dan selimut.

”Kami memberikan bantuan dasar ini untuk meringankan beban warga. Saat ini banjir mulai surut, warga sudah bisa melakukan aktivitas memasak di rumahnya. Genangan banjir masih tersisa di jalan atau akses menuju rumah warga,” kata Fajar.

Sebelumnya, banjir susulan terjadi di Kecamatan Pesanggaran pada hari Selasa– Rabu, 27–28 November kemarin. Banjir tersebut melanda empat dusun yaitu Dusun Ringinagung dan Dusun Ringinmulyo, Desa Pesanggaran serta Dusun Silirbaru dan Dusun Rejoagung, Desa Sumberagung.

”Banjir ini akibat hujan lebat mulai siang hingga dini hari di Kecamatan Pesanggaran. Volume air Sungai Kalisanggawe, Kaliwuluh, Kalibaru, dan Kaligonggo meningkat. Kondisi sungai sendiri terjadi pendangkalan, penyempitan, dan penyumbatan. Akhirnya, air meluap dan membanjiri permukiman penduduk hingga mencapai dua meter,” kata Fajar.

Jumlah warga yang terdampak banjir cukup banyak. Di Dusun Ringinagung, Desa Pesanggaran ada 167 KK. Sedangkan di Dusun Ringinmulyo, Desa Pesanggaran 24 KK. Di Dusun Silirbaru, Desa Sumberagung, warga yang terdampak lebih banyak yaitu sebanyak 300 KK. Dan Dusun Rejoagung Desa Sumberagung, sebanyak 65 KK.

”Tim sudah melakukan pendataan penduduk yang terdampak. Alhamdulillah, tidak ada kerusakan yang parah dan korban jiwa,” katanya.

Ditambahkan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Eka Muharram, saat banjir mulai terjadi pada Selasa (27/11) pukul 00.00, tim reaksi cepat (TRC) BPBD dan Tagana  sebanyak 10 orang langsung meluncur ke lokasi kejadian. Mereka membawa 2 unit perahu, 2 unit genset penyedot/penyemprot air, dan peralatan keselamatan lainnya untuk melakukan pertolongan, penyelamatan, dan evakuasi.

”TRC juga membantu warga untuk membersihkan rumah warga dan sekolah. Bantuan pangan berupa nasi bungkus juga dibagikan oleh pihak kecamatan setempat karena saat itu dapur warga terendam banjir,” ujar Fajar.

Saat ini di lokasi tersebut banjir mulai surut. Meskipun masih menyisakan genangan, namun warga sudah bisa keluar rumah dan beraktivitas normal.

(bw/aif/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia