Senin, 18 Nov 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Lifestyle

Banyuwangi Batik Festival Bawa Misi Menyatukan Bangsa

19 November 2018, 06: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

BINTANG TAMU: Dari kanan Priscilla Saputro, Melly Goeslaw (pegang mik), Ipuk Festiandhani Anas, Bupati Azwar Anas, menggelar jumpa pers di halaman belakang Pendapa Sabha Swagata Blambangan, Sabtu (17/11).

BINTANG TAMU: Dari kanan Priscilla Saputro, Melly Goeslaw (pegang mik), Ipuk Festiandhani Anas, Bupati Azwar Anas, menggelar jumpa pers di halaman belakang Pendapa Sabha Swagata Blambangan, Sabtu (17/11). (Ramada Kusuma/RaBa)

Share this          

BANYUWANGI – Malam Puncak Banyuwangi Batik Festival (BBF) 2018 tersaji di Gedung Seni Budaya (Gesibu) Blambangan, Sabtu malam (17/11). Mengusung tema batik Gedegan, lewat ajang ini Pemkab Banyuwangi mengirimkan pesan kekuatan persatuan, dan kesatuan guna membangun Indonesia.

Sebanyak 35 model unjuk kebolehan memamerkan 105 adibusana berbahan kain batik motif Gedegan. Motif batik yang satu ini menyerupai gedheg alias anyaman bambu yang biasa digunakan untuk dinding.

Ya, hingga penyelenggaraan kali keenam tahun ini, BBF tetap konsisten mengusung tema batik lokal. Gedegan merupakan salah satu di antara 22 motif batik khas Banyuwangi.

Puluhan model tampil menawan dengan balutan aneka busana bermotif batik khas Banyuwangi tersebut, mulai baju kasual, busana malam, busana pesta, dan lain-lain. Tak ayal, ribuan pasang mata yang menyaksikan perhelatan tersebut dibuat terkesima.

Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, motif Gedegan memiliki simbol kekuatan dan persatuan. Sebagaimana diketahui, bambu memiliki kekuatan luar biasa. Bahkan, rumpun bambu yang telah dibakar masih dapat tumbuh lagi. Sedangkan simbol persatuan terwakili batang bambu yang dianyam secara vertikal dan horizontal. ”Maka, tema BBF tahun ini relevan dengan semangat membangun Indonesia dengan kekuatan persatuan dan kesatuan,” ujarnya.

Anas mengatakan, pada gelaran BBF tahun ini pihaknya mengolaborasikan pelaku industri kecil menengah (IKM) batik Banyuwangi dengan desainer kondang nasional dan internasional. Desainer kondang itu antara lain, Ali Charisma, Priscilla Saputro, Dewa Gita, Nely Gunawan, serta desainer busana asal Italia, Milo Miliavicca.

Sementara itu, acara tadi malam semakin meriah berkat penampilan artis papan atas tanah air, Melly Goeslaw. Penyanyi sekaligus pencipta lagu ini menggebrak panggung dengan lagi-lagu hits ciptaannya. Dan hingga berita ini ditulis tadi malam, acara BBF masih berlangsung di Gesibu Blambangan.

(bw/sgt/rbs/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia