Minggu, 16 Dec 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Genteng

Masya Allah, Bayi Dalam Karung Itu Ternyata Masih Hidup

16 November 2018, 13: 15: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

JADI REBUTAN: Kepala Puskesmas Kalibaru Kulon Yatiani Ningsih menggendong bayi yang ditemukan

JADI REBUTAN: Kepala Puskesmas Kalibaru Kulon Yatiani Ningsih menggendong bayi yang ditemukan (Krida Herbayu/RaBa)

KALIBARU - Lagi-lagi bayi yang diduga baru lahir, ditemukan warga setelah dibuang oleh orang tuanya. Kali ini, bayi berkelamin laki-laki itu ditemukan Ny Samuni, 68, pencari barang bekas di pinggir jalan Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Rabu dini hari (14/11).

Kali pertama ditemukan pukul 01.00, bayi itu dimasukkan dalam karung warna putih dan ditinggal di pinggir jalan utama jurusan Banyuwangi-Jember. “Saya tiap malam keluar rumah untuk cari rongsokan,” cetus Samuni, 68, warga Dusun Krajan, RT 3, RW14, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru.

Samuni tidak menyangka karung yang ditemukan di pinggir jalan itu berisi bayi. Mulanya, di dalam karung itu berisi sampah dan barang bekas. “Setelah saya buka, ternyata ada bayi yang masih ada tali pusar dan ari-arinya,” katanya.

Karung berisi bayi itu dipindah menjauh dari jalan raya. Selanjutnya, nenek yang mengaku ketakutan itu lari ke arah barat untuk mencari bantuan. “Karung itu saya pindah. Saat mindah saya juga bilang, nak saya pindah biar aman ya,” ujarnya dengan logat Madura. 

Ketika nenek itu lari ke arah barat dengan jarak sekitar 100 meter dari lokasi penemuan bayi, bertemu dua orang yang sedang memasang alat peraga kampanye (APK). Kepada kedua orang itu, Samuni menceritakan penemuan bayi yang dimasukkan dalam karung. “Orang itu saya ajak untuk mengambil bayi itu,” ujarnya.

Bayi itu oleh kedua orang yang sedang memasang APK itu, selanjutnya dibawa ke Polsek Kalibaru. Selanjutnya, bayi malang ini dikirim ke Puskesmas Kalibaru Kulon untuk menjalani perawatan. “Bayinya dibawa ke kantor polisi dan puskesmas,” terangnya.

Samuni selama ini selalu bangun tengah malam untuk berkeliling kampung mencari barang bekas berupa botol plastik, kertas, dan kardus. “Seluruh badan saya gemetar saat melihat bayi di dalam karung. Saya tidak tega melihat bayi itu,” cetusnya. 

Kapolsek Kalibaru AKP Abdul Jabbar mengatakan setelah mendapat laporan dari warga, anggotanya langsung menuju ke lokasi penemuan bayi itu. Polisi membawa bayi itu ke Puskesmas Kalibaru Kulon untuk mendapatkan perawatan medis. “Kondisi bayi masih hidup dan tidak ada luka sedikit pun,” paparnya.

Jabbar mengaku sudah berkoordinasi dengan seluruh bidan dan kepala dusun yang ada di Kecamatan Kalibaru. Polisi meminta data ibu hamil di atas delapan bulan yang ada di wilayah Kecamatan Kalibaru. “Kami sudah mendata dan mendatangi ibu hamil, namun masih belum menemukan titik terang orang tua bayi itu,” cetusnya.

(bw/kri/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia