Minggu, 16 Dec 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Sambut Natal dan Tahun Baru, Dermaga Ponton Ketapang Diperbaiki

16 November 2018, 08: 10: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

TUTUP DULU: Pekerja mengelas pagar Jembatan Ponton yang ada di Pelabuhan Ketapang, Rabu (14/11).

TUTUP DULU: Pekerja mengelas pagar Jembatan Ponton yang ada di Pelabuhan Ketapang, Rabu (14/11). (Fredy Rizki/RaBa)

KALIPURO – Dermaga Ponton atau dermaga apung yang ada di Pelabuhan Ketapang, Rabu (14/11) mulai diperbaiki. Dampaknya, kapal yang biasa beroperasi di atas dermaga tersebut harus libur sampai proses perbaikan usai dikerjakan.

Pihak Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ketapang sendiri mencatat, setiap harinya ada sekitar sembilan kapal yang beroperasi di atas dermaga tersebut. Kapal-kapal tersebut rata-rata adalah kapal dengan muatan yang terbilang ringan, yaitu di kisaran 10 ton.

General Manager ASDP Ketapang Solikin menjelaskan, perbaikan ini sesuai siklus rutin yang dilakukan ASDP untuk perbaikan sarana yang dimiliki. Terakhir, dermaga terapung itu menurutnya diperbaiki sekitar tahun 2013. Dan tahun ini saatnya ponton atau tabung apung yang membuat dermaga terapung diganti.

”Jadi silindernya yang diganti. Mau rusak atau tidak, waktunya lima tahun sekali, pasti kita ganti. Ini salah satu wujud pelayanan ASDP, sekaligus mempersiapkan arus penyeberangan dalam rangka natal dan tahun baru,” ujar Solikin.

Terkait dampak tidak beroperasinya beberapa kapal, Solikin mengatakan bahwa hal tersebut sudah disampaikan kepada pengusaha kapal. Namun yang terpenting, menurutnya perbaikan itu tidak mengganggu penyeberangan. Dia juga menjelaskan jika ASDP sudah melakukan perhitungan terkait waktu perbaikan.

Seperti yang dilakukannya saat ini, proses perbaikan dilakukan saat volume penyeberangan dalam tingkat yang rendah. Selain itu pengerjaan juga menanti waktu cuaca yang cerah dan ombak yang bersahabat. Sehingga proses pengerjaan menurutnya bisa dilakukan dengan tepat dan cepat. ”Kami menargetkan tiga hari selesai. Umumnya lima hari baru selesai, tapi ini kita buat tiga hari. Pengerjaannya 24 jam nonstop,” tandasnya.

(bw/fre/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia