Senin, 23 Sep 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Banyuwangi

KPU Banyuwangi Dapat Kiriman 25 Ribu Kotak Suara Pemilu 2019

10 November 2018, 09: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

LOGISTIK PEMILU: Petugas mengangkat kotak suara kiriman KPU pusat di Gudang KPU Banyuwangi di Desa Dadapan, Kecamatan Kabat, Kamis (8/11).

LOGISTIK PEMILU: Petugas mengangkat kotak suara kiriman KPU pusat di Gudang KPU Banyuwangi di Desa Dadapan, Kecamatan Kabat, Kamis (8/11). (Sigit Hariyadi/RaBa)

Share this          

BANYUWANGI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi menerima kiriman 25.700 kotak suara Pemilu 2019 dari KPU pusat. Ribuan kotak suara itu akan disebar ke 5.114 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada coblosan 17 April 2019.

Pantauan wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi, ribuan kotak suara tersebut disimpan di gudang yang berlokasi di Jalan Raya Jember, Desa Dadapan, Kecamatan Kabat. Kotak suara tersebut dikirim dalam bentuk lipatan menggunakan armada truk.

Komisioner KPU Banyuwangi Edi Saiful Anwar mengatakan, kiriman kotak suara tersebut tiba secara bertahap sejak Rabu (7/11). Di hari pertama, KPU menerima sekitar lima ribu unit kotak suara yang akan digunakan untuk keperluan Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 tersebut. ”Sampai Kamis (8/11) pengiriman masih berlangsung,” ujarnya.

Edi menjelaskan, sebagaimana amanat Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017, kotak suara yang digunakan pada Pemilu 2019 berupa kotak transparan. ”Pengadaannya dilakukan KPU pusat. Kami tinggal mengajukan kebutuhan untuk melaksanakan pemilu,” kata dia.

Menurut Edi, total kebutuhan KPU Banyuwangi untuk menyelenggarakan Pemilu 2019 mencapai 25.700 unit. Logistik sebanyak itu akan dialokasikan ke 5.114 Tempat Pemungutan Suara (TPS), 25 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), serta untuk KPU Banyuwangi. Masing-masing lima kotak.

Untuk sementara, kotak suara tersebut disimpan di gudang di Jalan Raya Jember. Kotak suara tersebut masih berupa lipatan. ”Kotak suara itu akan diset berbentuk kotak mendekati pemilu mendatang,” ujarnya.

Di sisi lain, Edi mengaku ribuan kotak suara berbahan logam yang digunakan pada beberapa pemilu sebelumnya akan dihapus. Penghapusan dilakukan dengan mekanisme lelang. ”Kami akan menggandeng Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jember dalam proses lelang kotak suara tersebut,” pungkasnya.

(bw/sgt/ics/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia