Senin, 18 Nov 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Politik & Pemerintahan

Tes CPNS Banyuwangi Berlangsung Hingga Malam Hari

02 November 2018, 12: 15: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

NILAI ONLINE: BKD menyiapkan dua layar monitor untuk melihat hasil tes bagi para peserta tes CPNS.

NILAI ONLINE: BKD menyiapkan dua layar monitor untuk melihat hasil tes bagi para peserta tes CPNS. (Dedy Jumhardiyanto/RaBa)

Share this          

BANYUWANGI – Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemkab Banyuwangi, dimulai Kamis (1/11). Para peserta yang berjumlah 3.279 orang harus benar-benar menyiapkan mental dan fisik.

Mereka yang akan mengikuti SKD akan dibagi beberapa shift mulai pukul 08.00 hingga pukul 20.00. Untuk menunjang pelaksanaan seleksi CPNS tersebut, Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) juga telah menyiapkan segala fasilitas dan prasarana yang memadai.

Sejumlah persiapan yang telah dilakukan adalah penyiapan perangkat komputer, jaringan internet, hingga penyiapan pemenuhan kebutuhan listrik. ”Kami sudah berkirim surat kepada PLN dan kami juga siapkan genset jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman aliran listrik. Semoga saja tidak sampai terjadi,” ungkap Kepala BKD Banyuwangi Nafiul Huda.

Huda menjelaskan, pelaksanaan tes CPNS akan terbagi dalam enam sesi, yakni mulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 20.00. Dengan estimasi waktu masing-masing sesi selama dua jam, yakni 1,5 jam waktu pelaksanaan tes dan 30 menit waktu persiapan. ”Waktu pelaksanaannya mulai besok (hari ini) sampai 11 November,” jelas Huda.

Bagi para peserta seleksi CPNS juga diharapkan telah mengetahui jadwal untuk menjalani tes. Begitu tiba di kantor BKD, para calon peserta terlebih dahulu melakukan registrasi. Selanjutnya, baru bisa melaksanakan tes di ruangan yang telah ditentukan.

Usai melaksanakan tes, nilai para peserta bisa langsung diketahui dan dilihat melalui layar monitor yang telah disiapkan. Karena seleksi kompetensi CPNS dilakukan dengan sistem computer assisted test (CAT). ”Kami siapkan tiga layar monitor untuk memantau nilai ini, dan satu layar monitor di ruangan VVIP,” terang Huda.

Huda berpesan, para peserta tes CPNS sebelum berangkat diimbau untuk berdoa, terutama meminta doa restu kedua orang tua agar selama pelaksanaan tes diberikan kelancaran dan kemudahan. ”Kami juga sudah siap menyambut setiap peserta yang akan melaksanakan tes CPNS tahun ini,” katanya.

Pelaksanaan seleksi kompetensi CPNS di Banyuwangi terus disiapkan. Dari  5.122 pendaftar, jumlah pelamar yang lolos seleksi administrasi mencapai 3.279 orang. Nah, para pelamar yang lulus seleksi administrasi tersebut berhak mengikuti seleksi tahap selanjutnya, yakni seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Bupati Abdullah Azwar Anas menyatakan optimistis rekrutmen CPNS kali ini bakal menghasilkan aparatur sipil negara (ASN) yang benar-benar berkualitas seperti halnya rekrutmen serupa yang digelar pada 2014 lalu. Sebab, pemkab mempertahankan syarat indeks prestasi kumulatif minimal (IPK) yang cukup tinggi, yakni menerapkan syarat IPK minimal 3,00 dalam seleksi CPNS.

”Seleksi ketat ini sebagai upaya kami mendapatkan calon pegawai yang kompeten. Mereka yang fresh graduate dengan standar IPK yang telah ditetapkan saya kira bakal bisa cepat beradaptasi dengan kinerja birokrat Banyuwangi yang tinggi saat ini. Harapannya, mereka akan menambah daya dorong kinerja ASN yang sudah ada,” kata Anas.

Pemkab menetapkan syarat IPK minimal dalam seleksi CPNS tahun ini. Untuk formasi cumlaude, pemkab menetapkan IPK minimal 3,5 bagi lulusan perguruan tinggi (PT) dengan akreditasi A dan prodi akreditasi A pada saat kelulusan.

Sedangkan untuk formasi umum, pemkab menetapkan IPK minimal 3,5 untuk lulusan PT terakreditasi C, IPK minimal 3,25 untuk lulusan PT akreditasi B, serta IPK minimal 3 untuk lulusan PT akreditasi A. Sedangkan untuk formasi disabilitas, pemkab menetapkan syarat IPK minimal 2,75 untuk lulusan PT swasta dan IPK 2,5 untuk lulusan PT negeri.

(bw/ddy/aif/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia