Minggu, 15 Dec 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Siap-Siap, Awal Musim Hujan Dimulai Pekan Ini

29 Oktober 2018, 17: 15: 12 WIB | editor : Ali Sodiqin

SEGERA BERALIH: Prakirawan BMKG Desi Purnamasari memeriksa alat pengukur hujan di halaman belakang kantor BMKG Banyuwangi, Sabtu (27/10).

SEGERA BERALIH: Prakirawan BMKG Desi Purnamasari memeriksa alat pengukur hujan di halaman belakang kantor BMKG Banyuwangi, Sabtu (27/10). (Shulhan Hadi/RaBa)

Share this          

BANYUWANGI – Cuaca yang cenderung selalu panas dalam beberapa hari ini dipastikan segera berakhir awal bulan depan. Di sejumlah daerah Banyuwangi, terutama di kawasan barat diperkirakan akan mendapat guyuran hujan.

Prakirawan BMKG Banyuwangi Desi Purnamasari menyebutkan, musim hujan di Banyuwangi akan segera tiba. Berdasarkan prakiraan cuaca dan data yang mereka kumpulkan, hujan akan mengguyur pekan pertama bulan November. Guyuran hujan diperkirakan akan terjadi di Kecamatan Siliragung, Kecamatan Pesanggaran. Sebelumnya, beberapa daerah yang mendapat guyuran hujan ada di Kecamatan Kalibaru, Glenmore, Genteng, Gambiran, Tegalsari, dan Cluring. ”Ini memang sudah mau masuk musim hujan,” ucapnya.

Kemudian pada bulan Desember curah hujan akan bertambah ke daerah timur Banyuwangi. Seperti wilayah kota, Rogojampi, hingga ke Muncar. ”Setelah bagian barat, akan bergeser ke timur,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, pada peralihan musim ini biasanya akan terjadi cuaca yang ekstrem. Seperti hujan sangat deras yang disertai petir. Tidak hanya itu, biasanya juga ada petir dan bahkan angin kencang. Kondisi ini merupakan siklus tahunan. ”Ini biasa saja terjadi setiap tahun,” ucapnya.

Menurutnya, kondisi musim saat ini masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada perubahan, meski banyak masyarakat yang menganggap saat ini musim panas terasa lebih panjang. ”Sama kok. Ini hanya bergeser satu dasarian (10 hari),” ungkapnya.

(bw/sli/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia