Rabu, 19 Dec 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Situbondo

Bupati Minta Koperasi Tunjang Ketahanan Pangan

31 Juli 2018, 15: 50: 59 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

RANGKAIAN ACARA: Bupati Dadang memberangkatkan peserta jalan sehat dalam rangka peringatan hari koperasi

RANGKAIAN ACARA: Bupati Dadang memberangkatkan peserta jalan sehat dalam rangka peringatan hari koperasi (SAMSURI FOR JAWAPOS.COM)

SITUBONDO - Rangkaian kegiatan HUT hari koperasi ke-71 yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Situbondo berakhir, kemarin (30/07). Ada beragam kegiatan yang diselenggarakan. Seperti lomba cerdas cermat, pemberian sembako gratis, khitanan massal, jalan sehat, serta kegiatan menarik lainnya.

Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto mengatakan, koperasi harus bisa berperan dalam menunjang kekuatan ketahanan pangan. Misalnya, dengan mewadahi atau memanajemen hasil-hasil pertanian pasca produksi. “Kekuatan ketahanan pangan kita sangat luar biasa,” ujarnya.

Disinilah dibutuhkan kehadiran koperasi yang bisa mewadahi hasil pertanian pasca produksi. Sebenarnya, kata Dadang, yang dimaksud dengan produksi itu bukan hanya hasil pertanian. Akan tetapi produk-produk lokal termasuk di dalamnya. “Itu yang harus dipikirkan. Tentunya, dengan kebersamaan,” kata Dadang.

BERTABUR DOORPRIZE: Bupati Dadang meyerahkan bingkisan kepada pemenang undian jalan sehat

BERTABUR DOORPRIZE: Bupati Dadang meyerahkan bingkisan kepada pemenang undian jalan sehat

Bupati dua periode itu mengatakan, koperasi juga harus sehat. Tentu, harus dimulai dari pembinaan yang benar hingga ke jajaran paling bawah. “Saya meminta kepada seluruh jajaran dinas koperasi maupun aktivis koperasi yang ada di Situbondo  untuk hadir, memberikan pendampingan tanpa menunggu perintah dari pimpinan,” pesannya.

Dengan begitu, tambahnya, roda perekonomian masyarakat yang digerakan melalui koperasi sehat, akan tumbuh dengan baik. “Saya sangat yakin, apabila pendampingan pada masyarakat sampai pada out come pasca produksi, Insyaallah kekuatan ekonomi kita akan semakin hebat,” imbuhnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Situbondo, Sugiono menambahkan, selama ini, pihak-pihak terkait telah menunjukkan perhatian untuk kemajuan koperasi. Hal tersebut bahkan ditunjukkan hingga pelaksanaan hari koperasi ke-71.

Dia berkomitmen, ke depan, koperasi akan terus meningkatkan fungsinya, prinsip-prinsip dasar koperasi akan terus diterapkan. Sehingga, koperasi sebagai amanah konstitusi memberikan manfaat bagi masyarakat Situbondo. “sesuai visi bupati, terwujudnya masyarakat yang madani, beriman, mandiri, sejahtera, dan berkeadilan,” imbuhnya.

Sugiono menambahkan, hari koperasi ke-71 tahun ini, dilaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari kegiatan di di tingkat provinsi maupun kabupaten. Di tingkat Provinsi Jatim, beberapa siswa didelegasikan mengikuti lomba tentang koperasi.

“Ahlamdulillah, anak-anak bisa meraih tiga mendali. Lomba yang paling bergengsi, yaitu penyuluhan koperasi diraih peserta dari Situbondo,” katanya.

Kata dia, Dinas Koperasi da UKM juga ikut serta dalam pameran di tingkat provinsi. Sedangkan di tingkat kabupaten. difokuskan pada kegiatan-kegiatan yang berdampak terhadap kehidupan masyarakat. Seperti  ada donor darah, khitanan missal, bakti sosial berupa pemberian sembako kepada masyarakat miskin. “Anggaran kegiatan dihimpun dari dana gerakan koperasi,” katanya.

Kegiatan lainnya, sunatan massal yang diikuti 15 anak. Kegiatan ini khusus bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu dan anak yatim. Selain itu, ada pameran produk unggulan dari UMKM, dan  pameran prudok koperasi wanita binaan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Situbondo.

Ada juga jalan sehat. Pesertanya sekitar seribu orang, yang terdiri dari anggota gerakan koperasi, masyarakat umum, dan anak-anak sekolah. “Start dan finish jalan sehat di depan Kantor Dinas Koperasi,” pungkas Sugiono.

Siyono, Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Dinas Koperasi dan UKM menambahkan, ada juga pemberian penghargaan kepada koperasi dengan rapat anggota tahunan (RAT), serta koperasi sehat pada peringatan hari koperasi. Dia mengatakan, koperasi tercepat RAT dengan volume tertinggi diraih KPRI Sejahtera, Desa lamongan; Kopwan Mawar, Desa Gudang; KSU/KSP Umanah Sumberejo; Kopontren Musa’adah, Desa Sumberejo; dan Koperasi syariah Minhajus Sa’adah Hakiki, Desa  Wringin Anom.

Sedangkan koperasi sehat didapat KPRI Raung, Desa Talakandang; Kopwan Teratai Arjasa; dan KSU/KSP Srikandi, Desa Sumberejo. “Ini bentuk apresiasi kita kepad mereka yang telah mewujdukan koperasi sehat,” ujarnya. (bib/pri)

(bw/bib/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia