Senin, 24 Sep 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Situbondo

Setir Tak Berfungsi, Truk Tabrak Truk

Senin, 30 Jul 2018 11:35 | editor : AF. Ichsan Rasyid

RUSAK: Moncong depan truk ringsek setelah menghantam truk lain yang tidak diketahui identitasnya.

RUSAK: Moncong depan truk ringsek setelah menghantam truk lain yang tidak diketahui identitasnya. (IZZUL FOR JAWAPOS.COM)

PANARUKAN- Hingga kemarin (29/7), truk yang dikemudikan Eko Hariyanto mangkrak di jalan raya desa Kilensari, Kecamatan Panarukan. Itu setelah kendaraan roda empat tersebut menghantam bagian belakang truk tronton yang tidak diketahui identitasnya, Sabtu (28/7) lalu.

Peristiwa tersebut terjadi lantaran setir truk nopol DR 8874 A tersebut tiba-tiba tidak berfungsi. Akibatnya, Eko tak bisa menguasai laju kendaraan. Truk bermuatan kayu itu menghantam bak truk dari arah berlawanan. Sehingga, moncong truk pun ringsek dan mengalami kerugian sekitar Rp 10 juta.

Peristiwa itu terjadi saat Eko sedang mengemudikan truknya dari arah timur ke barat. Setelah melawati belokan tugu 1000 Kilometer, tiba-tiba setir truk los dan tidak bisa difungsikan.

Eko yang panik berusaha mengurangi kecepatan. Namun truk terus melaju dan perlahan ke kanan jalan. Sedangkan dari arah berlawanan juga melaju truk tronton yang tidak diketahui identitasnya. Akibatnya, truk tidak dapat dikontrol dan menabrak boks bagian belakang truk tronton.

“Untung saja waktu kecelakaan sudah hampir salipan. Jadi tidak sampai adu jangkrik. Yang ditabrak cuma boksnya saja,” ucapnya.

Kata Eko, sesaat setelah terjadinya kecelakaan, pengemudi tronton sempat turun dari kendaraannya. “Dia turun untuk menolong saya. Sebab saat peristiwa itu terjadi, saya sempat kejepit. Ini kaki saya memar. Sedangkan sopir truk lawan saya langsung tancap gas setelah memberikan pertolongan,” terangnya.

Menurut Eko, rencananya dirinya akan pergi ke Pasuruan untuk mengantar kayu kayu. Namun setelah terlibat laka, kondisi truk rusak dan tidak bisa digunakan. Sehingga terpaksa kayu-kayu yang dia bawa disalin ke truk lainnya.

“Saya dari Bali dengan truk dalam keadaan kosong. Sedangkan kayu ini saya ambil di Wongsorejo untuk dikirimkan ke Pasuruan. Namun sampai di sini dapat musibah. Akhirnya saya ganti muatan untuk menggantikan saya mengirim barang. sedangkan truk yang saya bawa rencananya akan diperbaiki di bengkel-bengkel sekitar sini,” paparnya.

Menurut Eko, hingga saat ini dirinya tidak mengetahui mengapa setir truknya tiba-tiba tidak berfungsi. “Padahal sebelumnya tidak ada masalah. Bahkan saya sempat berhenti dan ngopi di panji. Saat berangkat lagi tidak ada masalah. Namun tiba-tiba setelah belokan, setir sudah gak bisa difungsikan,” ucapnya.

Kanit Laka Polres SItubondo, Ipda Teguh Santoso mengatakan, polisi langsung melakukan pengaman untuk mengatur arus lalu lintas. “Yang menangani pos 90 alun-alun. Semula truk ada di tengah jalan. Saat ini sudah dikepinggirkan oleh petugas. Sehingga tidak lagi mengganggu arus lalu lintas. Mungkin nanti setelah perbaikan, truk bisa jalan lagi. Sebab tidak ada korban dalam laka tersbeut,” terangnya. (zul/pri)

(bw/mls/ics/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia