Sabtu, 22 Sep 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Situbondo

Baru Dua Parpol Serahkan Berkas Perbaikan Bacaleg

Senin, 30 Jul 2018 10:55 | editor : AF. Ichsan Rasyid

Baru Dua Parpol Serahkan Berkas Perbaikan Bacaleg

SITUBONDO – Parpol yang menyerahkan berkas perbaikan bakal calon legilatif (bacaleg) ke KPU Kabupaten Situbondo belum sampai separo dari total parpol yang harus memperbaiki berkas pencalonan. Sampai kemarin (29/07), baru dua partai yang menyerahkan perbaikan.

Devisi teknis KPU Situbondo, Agus Tjahyono Basuki mengatakan, dua parpol tersebut adalah Golkar dan PKB. “Tadi ada yang datang, tapi masih sebatas konsultasi saja, tidak menyerahkan berkas,” katanya.

Agus menerangkan, ada beberapa kendala yang ditemui parpol. Di antaranya, masih ada yang terlambat melakukan psikotes ulang. “Sepertinya Hari Senin sudah banyak yang mengembalikan,” katanya.

Agus mengaku, dari komunikasi yang dilakukan dengan sejumlah parpol, hasil psikotes dari rumah sakit  diterima hari ini (30/07). Karena itu, dia memperkirakan, hari ini sudah banyak yang menyerahkan berkas perbaikan.

Mantan Kepala Diaspenda itu menerangkan, batas akhir pengembalian berkas perbaikan pada tanggal 31 Juli atau Hari Selasa besok. Dia menerangkan, pada pendaftaran bacaleg tahun ini, hampir 200 orang tidak lolos verifikasi. Mayoritas tidak lulus tes kejiwaan.

Agus mangatakan, dari hasil psikotes yang dikeluarkan dokter jiwa RSUD Abdoer Rahem, ada beberapa bacaleg yang dinyatakan masih memerlukan pemeriksaan kesehatan jiwa lanjutan dan observasi tambahan. Karena itu, KPU menyatakan, bacaleg tersebut belum menehuhi syarat (BMS).

Seperti yang diketahui, dari psikotes yang dilakukan, ada tiga poin hasil pemeriksaan yang dikeluarkan tim medis. Yaitu, tidak ditemukan tanda-tanda gangguan kejiwaan, ditemukan tanda-tanda gangguan kejiwaan, serta masih memerlukan pemeriksaan kesehatan jiwa lanjutan dan observasi tambahan.

Terpisah, Ketua DPC PPP Kabupaten Situbondo, Zeiniye mengatakan, partainya akan menyerahkan berkas perbaikan hari ini. Dia mengaku, bacaleg yang tidak lolos psikotes melakukan tes kembali di rumah sakit Bondowoso. “Besok (hari ini) kita antar,” ujarnya.

Ketua DPC PDIP, Narwiyoto menerangkan, partainya juga akan mengemabalikan berkas perbaikan hari ini. Dia menerangkan, tes ulang dilakukan di rumah sakit Jember pada Kamis (26/07) lalu. “Kita juga akan menyerahkan besok (hari ini),” imbuhnya. (bib/pri)

(bw/bib/ics/JPR)

 TOP
Artikel Lainya

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia