Selasa, 18 Jun 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Ruko Terbakar di Hari H Coblosan

28 Juni 2018, 19: 15: 59 WIB | editor : Bayu Saksono

BERJUBEL DI JALAN: Warga menyaksikan ter­bakarnya ruko penyewaan Play Station yang ber­dekatan dengan titik nol KM Banyuwangi di Jalan PB Sudirman, kemarin.

BERJUBEL DI JALAN: Warga menyaksikan ter­bakarnya ruko penyewaan Play Station yang ber­dekatan dengan titik nol KM Banyuwangi di Jalan PB Sudirman, kemarin. (ARNINDHITA ARIFIN/RABA)

Warga yang tinggal kawasan Jalan PB Sudirman mendadak geger pagi kemarin (27/6). Di tengah euforia coblosan pesta demokrasi pemilihan gubernur (pilgub) Jatim 2018, kobaran api melahap satu unit rumah toko (ruko) yang berlokasi tidak jauh dari ti­tik nol kilometer (km) Banyuwangi.

Informasi yang berhasil dikumpulkan wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi di lokasi kejadian, kobaran api kali pertama terlihat di lantai dua ruko yang lantai dasarnya dimanfaatkan untuk penyewaan PlayStation (PS) tersebut.

Angin yang kala itu berembus cukup kencang mengakibatkan api dengan cepat membesar. Saksi mata, Pujianto mengatakan, api kali pertama terlihat di pojok be­lakang lantai dua ruko itu. ”Be­gitu api ber­kobar, tuan rumah, yak­ni Bu Ninik, langsung berteriak minta tolong,” ujar pemilik warung ayam betutu yang berlokasi persis di sebelah selatan ruko yang ter­bakar tersebut.

Menurut Pujianto, warga yang mendengar teriakan minta tolong langsung berdatangan. Mereka mem­bantu memadamkan api de­ngan peralatan seadanya, mulai ember, baskom, dan lain-lain. Tak lama berselang, satu unit mo­bil pemadam kebakaran (dam­kar) tiba di lokasi. ”Mobil damkar cepat tiba di lokasi. Sehingga api berhasil dijinakkan sebelum merembet ke bangunan lain,” kata warga Perumahan Villa Sukowidi tersebut.

Pujianto menduga api berasal dari kompor. Karena, selain titik api berasal dari pojok belakang yang ditengarai digunakan se­bagai da­pur, saat api kali pertama terlihat, sang pemilik rumah langsung berteriak minta tolong. ”Dugaan kami api berasal dari kompor,” kata dia.

Sementara itu, selain mengge­gerkan warga sekitar, kebakaran juga menyita perhatian para peng­guna jalan. Meski pihak kepolisian mengalihkan arus lalu-lintas jurusan Jalan PB Sudirman menuju Jalan MH Thamrin, namun tidak sedikit pengguna jalan yang memilih mendekat ke lokasi kejadian melalui sejumlah jalan tikus.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran kali ini. Hanya saja melihat kondisi bangunan yang rusak parah akibat kebakaran, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.

Kapolsek Banyuwangi AKP Ali Masduki melalui Kanit Reskrim Ipda Suyono mengaku, pihaknya belum bisa memastikan penyebab pasti kebakaran. ”Masih dalam proses lidik (penyelidikan, Red),” pungkasnya.

(bw/sgt/rbs/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia