Sabtu, 20 Jul 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Dispenduk Tetap Buka Layanan KTP Elektronik

27 Juni 2018, 18: 00: 59 WIB | editor : Bayu Saksono

Dispenduk Tetap Buka Layanan KTP Elektronik

Share this          

BANYUWANGI – Pelaksanaan coblosan pilgub Jatim hari ini (27/6) tak memengaruhi layanan di Pemkab Banyuwangi. Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, meski hari libur, Dinas Kepen­dudukan dan Catatan Sipil (Dis­penduk) Banyuwangi diperin­tah­kan untuk tetap membuka pelayanan publik bagi masyarakat. Khususnya, layanan pembuatan KTP elektronik. Baik perekaman data maupun pencetakan. Hal ini disebabkan membeludaknya jumlah pemohon KTP usai libur Lebaran

”Momen libur Lebaran seper­tinya dimanfaatkan warga Ba­nyuwangi, baik perantau yang sedang mudik maupun yang ada di daerah untuk mengurus KTP. Pastinya waktu yang mereka miliki hanya terbatas. Makanya kita minta agar Dispenduk tetap membuka layanan pembuatan KTP,” kata Anas.

Sejak hari efektif masuk kerja usai libur Lebaran Kamis (21/6) lalu, pemohon KTP di Mal Pela­yanan Publik Banyuwangi sudah menunjukkan peningkatan dari hari biasa. Jumlah ini terus naik pada hari berikutnya hingga puncaknya pada hari Senin (25/6) dan Selasa (26/6) kemarin.

Di mana loket pelayanan KTP di Mal PP mencetak hingga 1.900-2.000 lembar e-KTP-el per hari. Padahal, pada hari biasa loket mencetak hanya sebanyak 200-300 lembar per hari. ”Maka­nya kita minta agar libur pilkada besok Dispenduk tetap melayani cetak KTP warga,” imbuh Anas.

Kepala Dispenduk DJaffri Yusuf mengatakan, layanan KTP Elek­tronik pada Rabu (21/6) hari ini khusus dilayani di Kantor Duk­capil di Jalan Letkol Istiqlah. Layanan akan dibuka mulai pukul 08.00-13.00 WIB. Untuk pelayanan di Mal PP diliburkan. ”Khusus besok, layanan yang kami buka di Kantor Dukcapil hanya untuk pengurusan KTP. Sedangkan untuk dokumen lainnya bisa diurus hari beri­kut­nya mal,” ujar Djafri.

Saat ini, blangko KTP-el yang ada di Dispenduk masih tersisa 8.000 lembar. Cukup untuk satu minggu ke depan. ”Kita akan se­gera me­ngajukan lagi ke pusat dalam waktu dekat,” pungkasnya.

(bw/jpr/rbs/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia