Kamis, 28 May 2020
radarbanyuwangi
Home > Refleksi
icon featured
Refleksi

Selamat Tinggal Ramadan, Sampai Jumpa Tahun Depan

Oleh: Agus Dani Triswanto

14 Juni 2018, 06: 30: 59 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

Selamat Tinggal Ramadan, Sampai Jumpa Tahun Depan

Share this          

WAKTU terus bergulir dari detik ke detik, dari menit ke menit, dari jam ke jam, dari hari ke hari, dari minggu ke minggu. Rasanya baru kemarin, kita begitu bersemangat mempersiapkan diri untuk memasuki bulan Ramadan, bulan tarbiyah, bulan latihan, bulan Alquran, bulan maghfirah, bulan yang penuh berkah.

Namun beberapa saat lagi, Ramadan akan meninggalkan kita, padahal kita belum optimal melaksanakan qiyamul lail kita, belum optimal membaca Alquran, serta belum optimal melaksanakan ibadah-ibadah lain. Target-target yang kita pasang belum semuanya terlaksana.

Ramadan memang bulan yang penuh sesuatu. Rasanya seakan tidak rela jika Ramadan berakhir. Ramadan selalu punya hal yang pasti selalu dirindukan. Mulai dari kegiatan dini hari saat sahur, petang hari saat buka puasa, dan malam hari saat salat Tarawih dan tadarus Alquran.

Rutinitas yang terjadi selama Ramadan terkadang menjadi kisah menarik tersendiri yang hanya dan selalu terjadi saat Ramadan tiba. Karena adanya ciri khas dari Ramadan tersebut, banyak orang sangat menanti kedatangan Ramadan dan enggan untuk melepaskan serta membiarkan Ramadan berlalu. Dan kita tidak akan pernah tahu apakah kita masih dapat berjumpa dengan Ramadan tahun depan.

Hari raya Idul Fitri, tinggal menghitung hari untuk sampai pada kemenangan. Hari di mana segala macam urusan yang berkaitan dengan puasa sudah selesai. Puasa Ramadan sudah meninggalkan kita, tentu kita bersedih. Berharap tahun depan bisa berjumpa lagi dengan suasana yang berbeda, penuh semangat dan lebih berkualitas. Dan ini seharusnya yang menjadi evaluasi pertama dan yang utama dalam menjalani puasa tahun ini. Sehingga proses dalam meraih keberkahan dan nilai baik puasa akan bisa dicapai semaksimal mungkin.

Dalam menyambut hari raya Idul Fitri, umat Islam tentu sangat gembira dan senang sekali menyambut hari kemenangan. Setelah sebelumnya, sudah menjalani ibadah puasa satu bulan penuh dengan perjuangan bukan dengan penderitaan. Penuh dengan keikhlasan bukan dengan keserakahan, penuh dengan perdamaian bukan dengan perseteruan, dan penuh dengan persatuan bukan dengan pertikaian.

Sikap optimistis harus terus menjadi landasan fundamental dalam menjalani rutinitas apa pun. Puasa satu bulan mengajarkan kita untuk tidak bersikap pesimistis, skeptis, malas-malasan, dan ugal-ugalan. Umat Islam harus memiliki orientasi kemajuan yang mampu melahirkan produk-produk unggulan dalam membentengi diri dari gerogotan paham-paham radikalisme dan kapitalisme.

Menjaga kesucian Ramadan tidak hanya pada waktu bulan itu saja. Ramadan seharusnya menjadi sarana perbaikan sistem hidup di bulan-bulan lainnya. Umat Islam diharapkan akan menempati barisan garda terdepan dalam menopang segala macam keresahan yang terus mengalir saat ini, seperti adanya fitnah, hoaks, dan ujaran kebencian.

Fenomena ini sangat riskan, lebih-lebih tahun politik di era milenial ini. Ujaran kebencian, fitnah, serta hoaks terus mengalir tanpa mengenal waktu. Walaupun sudah banyak imbauan mengenai masalah tersebut, tapi tak semuanya bisa berhasil. Ini memang sesuatu yang perlu dijihadi sungguh-sungguh. Semoga setelah Ramadan ini kita semua bisa introspeksi diri bahwa segala macam perbuatan fitnah, kebencian, dan hoaks itu sangat dibenci Allah.

Selamat jalan Ramadan. Bulan yang istimewa bagi semua umat muslim dunia. Dan harus diyakini, bulan Ramadan merupakan ajang bagi kita semua untuk mencari cinta Allah. Cinta yang tak pernah membuat kecewa manusia walau kita sering mengecewakan-Nya. Selamat tinggal Ramadan. Izinkan saya, kami, dan seluruh pembaca semuanya untuk berjumpa lagi denganmu tahun depan.

Salamu’alaikum Ramadan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Minal Aizin Walfaizin . Mohon Maaf Lahir Batin.(*)

 *) Warga Cungking, Mojopanggung, Giri, Banyuwangi.

(bw/mls/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia