Jumat, 22 Nov 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Politik & Pemerintahan

PNS KPU Tak Dapat Cuti Bersama

11 Juni 2018, 12: 59: 36 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

PNS KPU Tak Dapat Cuti Bersama

Share this          

BANYUWANGI– Libur panjang yang dirangkai cuti bersama Idul Fitri 2018 tidak dapat dinikmati komisioner dan pegawai negeri sipil (PNS) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi. Saat para PNS lainnya menikmati libur panjang, para komisioner dan staf lembaga penyelenggara pemilu itu sibuk menyiapkan pelaksanaan dua hajatan demokrasi.

Seperti diketahui, hari “H” coblosan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018 semakin dekat. Pemungutan suara pesta demokrasi memilih gubernur dan wakil gubernur Jatim periode 2018-2023 itu akan dilaksanakan 27 Juni. Artinya, Pilgub Jatim akan digelar 16 hari ke depan.

Komisioner KPU Edi Saiful Anwar mengatakan, dalam rangka persiapan pelaksanaan Pilgub Jatim 2018, pihaknya akan mengikuti rapat koordinasi (rakor) yang digelar di Blitar mulai hari ini (11/6) sampai besok (12/6). Selain itu, KPU juga ancang-ancang melaksanakan pendistribusian logistik tahap kedua

Selain mengebut persiapan Pilub Jatim, kata Edi, pihaknya juga intens mempersiapkan pelaksanaan Pemilu 2019. Dijelaskan, jajaran KPU tengah melaksanakan verifikasi faktual dukungan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sejak beberapa hari terakhir. Proses verifikasi faktual tersebut akan berlangsung hingga 19 Juni mendatang.

Bukan itu saja, di saat bersamaan KPU juga tengah melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih Pemilu 2019 untuk disusun menjadi daftar pemilih sementara (DPS). Proses coklit di tingkat PPS digelar sejak pertengahan April hingga Jumat (8/6).

Selanjutnya akan digelar rekapitulasi di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada tenggat 9 Juni sampai 14 Juni. “Sedangkan jadwal rekapitulasi DPS di tingkat kabupaten mulai 15 Juni sampai 17 Juni. Insya Allah KPU Banyuwangi akan melaksanakan rekapitulasi tersebut pada 17 Juni pukul 18.30,” kata dia.

Edi mengaku jajaran KPU tidak menikmati cuti bersama Lebaran tahun ini. Dikatakan, KPU bekerja sesuai hari kalender, bukan hari kerja. “Karena itu, kami akan mengikuti tahap Pemilu yang sudah ditetapkan Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 dan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018. Cuti bersama, buat KPU tidak ada,” pungkasnya. (sgt/afi)

(bw/sgt/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia